Cara Mengatasi Masalah Psikis atau Stress

Stres pasti pernah dirasakan oleh siapa saja. Anda pernah merasa mudah marah, gelisah, frustrasi, kesepian, sulit menenangkan pikiran, kerap berpikir negatif, atau mulai kecanduan alkohol? Jika demikian, bisa jadi Anda mengalami stres dan Anda harus segera mengatasi kondisi ini.

Stres adalah hal normal yang pernah dialami oleh setiap orang. Stres yang normal bisa memberikan dampak positif, misalnya membantu Anda bekerja lebih cepat ketika sedang mengejar masa tenggat waktu. Namun hati-hati, kondisi stres bisa berdampak negatif jika sering terjadi dan berkepanjangan.

Dampak Stres Terhadap Kesehatan

Stres yang berkepanjangan bisa memicu Anda terkena penyakit. Stres berlebihan tidak hanya berdampak pada kesehatan mental, namun juga kesehatan secara umum. Mungkin Anda bertanya-tanya, “Kenapa stres bisa menyebabkan penyakit?”. Jawabannya, stres bukan hanya sekadar perasaan. Kondisi stres akan memicu beberapa reaksi, seperti tekanan darah meningkat, pembuluh darah menyempit, dan Anda pun akan bernapas lebih cepat. Hal ini disebabkan tubuh melepas hormon kortisol dan adrenalin yang membuat kerja jantung menjadi lebih cepat. Hormon tersebut juga mampu meluapkan energi secara percuma sehingga Anda merasa mudah lelah.

Sistem kekebalan seseorang yang sedang stres juga akan menurun, sehingga menjadikan tubuh sulit melawan penyakit. Hasilnya, Anda akan lebih mudah terkena penyakit. Saat Anda sedang menderita penyakit, stres mungkin bisa memperparah kondisi Anda. Berikut ini adalah beberapa kondisi yang bisa menyerang Anda jika mengalami stres berkepanjangan:

  • Sakit kepala.
  • Diabetes.
  • Tekanan darah tinggi.
  • Gangguan tidur.
  • Stroke.
  • Obesitas.
  • Asma.
  • Depresi.
  • Penuaan dini.
  • Mudah terinfeksi.
  • Disfungsi seksual.
  • Penyakit jantung.
  • Asam lambung.
  • Penyakit Alzheimer.

Oleh karena itu, tidak ada lagi alasan untuk menimbun stres.

Lakukan Cara-cara ini untuk Mengendalikan Stres 

  1. Bacalah Buku.
  2. yaitu jujur pada diri sendiri bahwa diri ini sedang menghadapi masalah. Katakan bahwa masalah yang kita hadapi cukup berat dan butuh pemikiran orang lain. Rengkuh masalah itu. Rasakan seperti halnya kita sedang ada dalam dekapan kekasih yang begitu dirindui.
  3. Menangis, menangislah di hadapan orang yang dapat dipercaya. Ceritakan masalah yang sedang kita hadapi. Dengan mengungkapkan rasa pahit agar bisa mengurangi beban mental yang dihadapi.
  4. Makan, makanan yang bisa meringankan stress, seperti, pisang yang banyak mengandung potassium, coklat, teh hijau hangat, sup ayam kampong dll.
  5. Berolahraga, dengan berkeringat dan perasaan lelah setelah olah raga bisa membuat tubuh terasa segar.
  6. Menulislah, dengan cara menuangkan semua rasa sedih, duka lara itu ke dalam tulisan. Buatlah, puisi, cerita pendek atau apapun bentuknya.
  7. Jalan-jalanlah. Lihatlah kehidupan nan lebih pahit dari hayati Anda. Bersyukurlah akan keadaan Anda sekarang.
  8. Sibukkan, dengan cara kita menyibukan diri dari berbagai kegiatan yang benar-benar kita senangi.
  9. Berkumpulah dengan teman-teman yang baik.
  10. Yakin, bahwa kita tak sendiri dalam menghadapi permasalahan. Setiap mahluk yang diciptakan Tuhan pasti mempunyai masalah.
  11. Pasrah, dengan cara kita mempasrahkan diri kepada Tuhan. Karena kita tidak memiliki daya dan upaya yang akan sukses tanpa seijinNya.
  12. Mendengarkan alunan musik yang menenangkan. Misalkan lagu-lagu yang memiliki suara yang jernih dengan musik keindia-indiaan, yang cukup menyentuh qolbu. Bernyanyi, menari, nikmati setiap alunan irama musiknya.

Semoga bermanfaat.

Facebook Comments