September 30, 2022

Medan Cyber

Media Cyber Teraktual di Jagad Maya

Demi Konten, Dua Bule di Bali Lukis Masker di Wajah Untuk Kelabui Petugas

Medancyber.com – Jakarta

Sebuah video yang memperlihatkan dua orang bule di Bali yang melukis masker di wajah viral di media sosial. Parahnya, kedua bule tersebut mengelabui petugas satpam dengan berpura-pura mengenakan masker hanya demi konten di media sosial.

Video tersebut pertama kali diunggah oleh pemilik akun Facebook Josh Paler Lin. Unggahan akun tersebut kemudian dibagikan ulang oleh Niluh Putu Ary Pertami Djelantik dalam akun Instagram-nya, @niluhdjelantik.

Dalam video tersebut, terlihat bahwa dua orang bule itu hendak mengunjungi sebuah pasar swalayan. Namun, mereka tak diizinkan masuk oleh satuan pengamanan (satpam) yang bertugas, karena salah satu teman wanitanya tak memakai masker.

Alih-alih mencari masker, kedua bule tersebut kemudian masuk ke dalam mobil. Bukannya mengambil masker untuk dikenakan, bule pria tersebut malah merias atau melukis wajah teman wanitanya mirip dengan masker.

Bule pria kemudian melukis wajah wanita tersebut mirip dengan masker. Hasilnya, mereka berhasil mengelabui satpam yang sedang berjaga di pintu masuk.

Akibat tindakannya tersebut, politisi dan desainer kondang asal Bali itu pun geram.

“Masyarakat mati-matian berjuang keluar dari badai pandemi. Dihajar kanan kiri depan belakang. Tak hanya nyawa. Ekonomi juga mati suri. Kedua manusia ini tidak punya empati. Malah menjadikan COVID-19 lelucon,” tulis Niluh.

Tak sampai di situ, ia juga meminta agar pihak Ditjen Imigrasi dan Kantor Imigrasi Ngurah Rai menindak tegas kelakuan dua bule tersebut.

“Saya meminta dengan hormat pihak @ditjen_imigrasi @imngurahrai menindak tegas kedua orang Ini. Jangan biarkan mereka menginjak-injak harga diri Bali. Terimakasih. Kami menunggu update selanjutnya saat mereka sudah dijemput,” lanjut Niluh.

Belakangan diketahui video itu merupakan sebuah prank yang dibuat oleh kedua bule tersebut. Walau demikian, video tersebut sudah telanjur viral dan menuai beragam komentar netizen di media sosial. Banyak netizen yang juga geram dengan kelakuan dua bule tersebut.

“Kok ga laki nya turun beli masker dulu sementara cewek nya tunggu di mobil dulu. Sengaja bikin sensasi demi konten,” tulis @cingtjuwa.

“Setuju ya DEPORTASI…maaf ya…tapi kasus lanjut,” tulis @jansen4532.

Tak hanya itu, ada juga netizen yang berkomentar bahwa pandemi COVID-19 bukanlah sebuah lelucon yang layak dipermainkan.

“Covid is not a joke!” tulis @joylouisee.

Kejadian turis berulah di Bali bukanlah pertama kali terjadi. Sebelumnya dua orang turis Rusia pernah melakukan hal yang sama, yaitu membuang motor ke laut Bali demi sebuah konten. Akibat hal tersebut, keduanya pun berakhir dideportasi.(bri/mc)