September 26, 2022

Medan Cyber

Media Cyber Teraktual di Jagad Maya

Jenazah Adik Gubsu Disemayamkan di Samping Makam Ayahanda

Medancyber.com – Medan

Jenazah Almarhum Kombes Zulfikar Tarius, dimakamkan di sebelah makam ayahnya, di Taman Makam Pahlawan Medan, Senin (26/4). 

Sebelumnya, jenazah adik kandung Gubsu Edy Rahmayadi ini, diterbangkan dari Surabaya dan dibawa ke rumah duka di Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman Medan.

Seluruh proses Fardu kifayah jenazah dilakukan di rumah Dinas Gubernur, mulai dari pemandian, pengkafanan, hingga salat jenazah. Rumah duka juga terlihat dijaga ketat oleh pihak kepolisian sepanjang area rumah dinas. 

Pantauan Waspada Online, tampak sejumlah pejabat, Unsur Forkompinda dan OPD menyambangi rumah duka, sepeti Wakil Gubernur, Kapolda, Wakapolda, Kajati, Pangdam I/BB, Ketua DPRD Sumut, Ketua MUI Sumut dan lainnya. 

Usai di salatkan, jenazah kemudian diserahkan kepada pihak kepolisian untuk dilakukan persemayaman dengan tata cara kepolisian. Setelah itu, jenazah lalu dibawa untuk dimakamkan. 

Ibunda Edy Rahmayadi tampak terlihat tegar dengan kepergian anaknya. Meski begitu, ia yang duduk di atas kursi roda itu beberapa kali melihat makam sang anak yang sudah ditutupi oleh tanah. 

Edy Rahmayadi saat memberikan sambutan mewakili pihak keluarga meminta maaf jika ada kesalahan yang selama ini dilakukan oleh adiknya.

“Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan apabila adik saya Zulfikar Tarius ada utang atau ada kesalahan- kesalahan, sampaikan kepada kami atau kepada saya. Insyaallah kapan saja akan kita selesaikan. Sehingga tidak menjadi tanggungjawab Almarhum kepada Tuhannya,” ujar Edy. 

Sebelumnya, Kombes Zulfikar Tarius meninggal dunia, Minggu (25/4) sekitar pukul 16.45 WIB, di Surabaya karena sakit.  

Zulfikar Tarius merupakan perwira polisi lulusan Akpol 1993. Semasa hidup, almarhum pernah menduduki jabatan strategis di Polri. Terakhir kali almarhum diberi amanah menjabat sebagai auditor Kepolisian Madya TK II Itwasum Polri. 

Selain itu, Almarhum juga pernah menjabat sebagai Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sumut.(rk/mc)