25.5 C
Medan
Sunday, 14 April 2024
spot_imgspot_imgspot_img

Antisipasi Kerumunan, Pemko Medan Tutup 32 Persimpangan Jelang Takbiran

Medancyber.com – Medan

Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution, menyebutkan sebagai upaya mengantisipasi terjadinya keramaian guna menekan penyebaran Covid-19 pada malam takbiran, Pemko Medan akan menutup 32 persimpangan yang menuju pusat Kota Medan.

Hal itu dilakukan menyusul Pemerintah Provinsi Sumut mengizinkan mobilitas masyarakat dari Medan, Binjai, Deliserdang dan Tanah Karo (Mebidangro) saat masa larangan mudik Hari Raya Idul Fitri diberlakukan mulai 6 Mei hingga 17 Mei 2021.  

“Dengan penutupan yang dilakukan ini diharapkan, dapat mengurangi masyarakat yang datang dari Binjai, Deli Serdang maupun sekitar Kota Medan untuk memasuki inti kota guna melakukan takbiran keliling di malam Hari Raya Idul Fitri,” jelas Wali Kota dalam rapat koordinasi terkait Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah Wilayah Sumut di Aula Tengku Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jumat (30/4) kemarin yang dipimpin oleh Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi.

Di samping itu, Wali Kota juga mengusulkan menindaklanjuti permintaan Gubsu Edy Rahmayadi selaku pimpinan rapat koordinasi, agar takbiran yang dilakukan dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri tidak keluar areal masjid. Apalagi, Kota Medan memiliki 1.115 masjid dan berpotensi melakukan takbiran keliling.

“Saya mengimbau agar masyarakat tidak melakukan takbiran keliling dan cukup melakukan di masjid-masjid saja serta tetap mengikuti protokol kesehatan (prokes). Selain itu Salat Idul Fitri yang selalu dilakukan di Lapangan Merdeka juga ditiadakan guna menghindari terjadinya kerumunan. Untuk itu masyarakat dapat melaksanakan Salat Ied di masjid-masjid yang ada di sekitar tempat tinggalnya masing-masing,” pintanya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, mengapresiasi langkah Wali Kota Medan dalam melakukan penutupan sejumlah persimpangan jalan di Kota Medan pada malam takbiran. Selain menghindari takbiran keliling penutupan ini juga untuk menghindari kerumunan.

Baca Juga:   Street Race Resmi Segera Digelar di Kota Medan

“saya apresiasi dan terimakasih atas langkah Wali Kota Medan dalam melakukan penutupan persimpangan jalan di malam takbiran. Saya harapkan kabupaten/kota juga melakukan hal tersebut,” tandasnya. (bri/mc)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,912FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles