September 26, 2022

Medan Cyber

Media Cyber Teraktual di Jagad Maya

Gubsu Ancam Sanksi Pemudik

Medancyber.com – Medan

Dalam mengatasi penyebaran Covid-19 menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) akan melakukan penyekatan di beberapa perbatasan pintu masuk Sumut. 

Pasalnya, angka penyebaran Covid-19 di Sumut meningkat setiap menjelang libur bersama. Sehingga pemerintah mencegah masyarakat melakukan mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri. 

Demikian disampaikan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi, usai memimpin apel gelar pasukan dalam pengamanan Idul Fitri 1442 Hijriah, di Landasan Udara (Lanud) Soewondo, Medan, Rabu (5/5). 

Dikatakan, penyekatan akan dilakukan di tujuh pintu masuk Sumut. Selain itu, akan ada juga penyekatan di setiap perbatasan kabupaten dan kota untuk menghalangi masyarakat mudik.

“Sumut akan melakukan, karena ada 33 kabupaten/kota. Kami bersama-sama Kapolda dan Pangdam sudah sepakat untuk itu. Sebelum ada perintah dari pusat, kami sudah lakukan. Apalagi saat ini sudah menjadi perintah dari pusat,” kata Edy. 

Edy menyebutkan, apabila ada yang nekat melakukan mudik akan diberikan sanksi, berupa teguran dan administrasi yang mengacu kepada Peraturan Gubernur (Pergub). 

“Teguran, kegiatan fisik sampai tingkat administratif. Karena Sumatera Utara sudah punya perda di situ, sudah ada Pergub,” jelasnya. 

Terakhir, Edy mengingatkan masyarakat Sumut bahwa angka terpapar Covid-19 di Sumut masih terus meningkat. 

“Rakyat Sumatera Utara, dengan kondisi setiap ada kegiatan libur bersama itu cenderung meningkat sama dengan sekarang ini. Kemarin kita sudah sempat kepala 5, 50 maksudnya. Sekarang, dua hari yang lalu naik menjadi 64, sekarang udah 76. Berarti trend naik dia,” pungkasnya.(bri/mc)