February 8, 2023

Medan Cyber

Media Cyber Teraktual di Jagad Maya

Bantah Berikan Tabung Kosong pada Pasien, Ini Penjelasan RS Pirngadi Medan

Medancyber.com – Medan

Video yang menunjukkan tabung oksigen kosong diberikan kepada seorang pasien yang sedang sekarat viral. Pasien itu disebut meninggal karena keterlambatan mendapatkan oksigen.

Dilihat pada Jumat (28/5/2021), dalam video terlihat seorang pasien perempuan yang sedang dirawat. Terlihat juga seorang suster yang menggunakan masker di lokasi itu.

Suara dari dalam video terdengar memarahi suster itu. Dia marah karena tabung oksigen dinilai kosong.

“Tabung kosong ini, tabung kosong, nggak ada tekanan. Ini suster, ini yang buat ini nggak diperiksanya,” kata suara dalam video.

Suster itu kemudian diminta membuka masker. Perekam video terlihat sempat menyentuh wajah suster untuk membuka masker. Suster itu terlihat menolak dan dia terlihat jatuh ke lantai.

“Jangan pura-pura, ini nyawa mamakku, bisa klen ganti,” kata suara dalam video.

Pengunggah video, Ramadan Saputra, mengatakan peristiwa itu terjadi pada Rabu (26/5) malam. Peristiwa itu disebut terjadi di RS Pirngadi, Medan, Sumatera Utara.

“Kita dari KNPD, pasien itu kita yang bawa ke rumah sakit. Peristiwanya Rabu malam di Pirngadi,” kata Ramadan.

Ramadan mengatakan peristiwa itu berawal saat pasien dalam keadaan kritis. Pasien itu kemudian dibawa ke ruang ICU tapi di dalam ruangan terdapat tabung oksigen yang diduga kosong.

“Malam itu, ibu itu udah nggak sadarkan diri, itulah dibawa ke ICU. Di ICU itu ada tabung oksigen, tapi oksigennya habis. Nggak ada tekanan,” ucap Ramadan.

Ramadan mengatakan tabung oksigen itu sempat dipasangkan ke pasien. Namun, kata Ramadan, tidak ada tekanan yang keluar dari tabung.

“(Sempat) dipasangkan ke pasien, tapi karena nggak ada tekanan makanya pihak dokter saat itu panik. Ibu itu meninggal,” jelasnya.

Humas RSUD Pirgadi, Edison Perangin-angin, membenarkan peristiwa yang ada dalam video itu. Peristiwa itu terjadi pada Rabu (26/5) sekitar pukul 22.00 WIB. Pasien di video itu telah dinyatakan meninggal dunia.

Meski begitu, Edison membantah terkait tabung oksigen kosong yang diberikan kepada pasien. “Tabung gas masih terisi,” ujar Edison, kepada wartawan, Jumat (28/5).

Ia mengatakan pihaknya telah membuat laporan ke polisi yang dialamatkan kepada pengunggah video tersebut.

“Kita sudah bantah (video viral) dengan cara membuat laporan ke Polrestabes Medan,” imbuhnya.

Sementara itu, untuk petugas yang pingsan dalam video itu masih dirawat. Meski begitu, Edison tak merinci detail kejadian tersebut.

“Yang aku dengar ada penyerangan kepada petugas medis ASN. Untuk informasinya coba konfirmasi ke suami suster itu, karena suaminya sudah bikin LP (laporan polisi) juga,” pungkasnya.(rsi/mc)