30 C
Medan
Tuesday, 18 June 2024
spot_imgspot_imgspot_img

Ketua DPD AMPI Sumut Bersama Bupati Samosir Tebar 25 Ribu Bibit Ikan di Danau Toba

Medancyber.com – Samosir

Ketua DPD AMPI Sumatera Utara, dr David Luther Lubis bersama Bupati Samosir, Vandiko Timotius Gultom ST melakukan tabur bibit ikan sebanyak 25.000 ekor di Danau Toba, Sumatera Utara, Minggu (30/5/2021.

Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap ekosistem dan ketersediaan ikan di Danau Vulkanik terbesar di dunia itu tetap terjaga.

Termasuk juga jenis Ihan Batak (Ikan Batak) atau Neolissochilus sumatranus yang sangat erat hubungannya dengan adat Batak. Di mana ikan tersebut sudah mulai sulit didapati di Danau Toba.

“Ikan ini sangat familiar dalam adat Batak. Setiap acara adat dari sejak kelahiran sampai kematian selalu ada,” ungkap dr David.

Selain menjaga ketersediaan, tujuan lainnya untuk mengembalikan fungsi dan peran perairan umum daratan. Sebagai ekosistem yang seimbang, juga untuk mengoptimalkan potensi dan menambah stok ikan untuk konsumsi. Selain itu juga ikan-ikan di Danau Toba tidak punah.

Sementara itu Bupati Samosir mengapresiasi kegiatan tabur benih ikan di Danau Toba yang dilakukan AMPI.

“Benih itu akan menambah produksi ikan. Harapannya warga bersabar menunggu ikan itu besar baru dijala,” ujar Vandiko Timotius Gultom. (bri/mc)

Baca Juga:   Bakopam Sumut Akan Gelar Sosialisasi Moderasi Beragama Dalam Merawat Kebhinekaan

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,912FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles