September 30, 2022

Medan Cyber

Media Cyber Teraktual di Jagad Maya

Karutan Labuhan Deli Dorong Warga Binaan Terus Produktif Selama Ditahan

Karutan Labuhan Deli, Nimrot Sihotang membimbing WBP untuk tetap produk menghasilkan kerajinan tangan untuk dipasarkan. 

Medancyber.com – Medan

Karutan Labuhan Deli, Nimrot Sihotang terus melakukan interaksi baik dengan Warga Binaan Rutan Labuhan Deli. Satu upaya yang dilakukan untuk pembinaan adalah mendorong WBP tetap produktif selama menjalani masa tahanan. 

Nimrot Sihotang menjelaskan kegiatan bimbingan kerja dilakukan demi mendukung program ketahanan pangan dan meningkatkan produktifitas Warga Binaan Pemasyarakatan. Katanya, Rutan Kelas I Labuhan Deli, melalui Seksi Bimbingan Kerja, bekerja sama dengan stakeholder membuat produk hasil karya WBP. 

Karya yang dihasilkan di antaranya menyablon baju, merangkai papan bunga untuk dipasarkan keluar, terutama sekitar Rutan Labuhan Deli,” katanya, Selasa (1/5/2021). 

Selain itu, ada juga WBP yang dibina khusus oleh pelatih menjahit untuk menghasilkan kerajinan keset kaki dari bahan kain, meracik pembuatan sabun cuci tangan, membuat deterjen, door smer car. 

“Ada juga WBP yang bisa mekanik aktif di bimbingan kerja bengkel, ada juga yang aktif di bidang pertanian jagung. Artinya ada pilihan sesuai potensi yang mereka miliki dan yang yang diminati,” kata. 

Ditanyai program kerja yang paling banyak diminati oleh WBP, Nimrot menyebut Handicraft atau kerajinan tangan. Baik untuk yang bernilai pakai dalam kehidupan sehari-hari maupun kerajinan tangan bernilai seni sebagian hiasan. 

Handicraft ini dikenal juga sebagai Seni Kriya atau Hastakarya. Pada praktiknya kegiatan seni ini yang menitikberatkan pada keterampilan tangan dengan mengolah bahan baku yang sering ditemukan di lingkungan sekitar menjadi benda-benda yang tidak hanya bernilai pakai, tetapi juga bernilai estetis. 

Dalam prosesnya, Nimrot memantau dan membimbing langsung para WBP yang terlibat aktif. Hingga saat ini sudah ada 25 orang WBP yang ikut dalam program bimbingan kerja ini. 

“Diharapkan hasil dari produksi WBP tersebut mampu menyumbang Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP). Artinya mereka WBP kita motivasi untuk melakukan kegiatan produktif, sehingga nanti mereka bisa punya keahlian ketika kembali ke masyarakat,” jelasnya.(dk/mc)