30.1 C
Medan
Tuesday, 25 June 2024
spot_imgspot_imgspot_img

PPDB Bermasalah, Dinas Pendidikan Sumut Diserbu Orangtua Siswa, Suhendri : Salahkan Calon Peserta Didik

Medancyber.com – Medan

Akibat server Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) mengalami masalah, puluhan orangtua murid mendatangi Kantor Dinas Pendidikan Sumut, Jalan Cik Ditiro, Kota Medan, Selasa (8/6). 

Pantauan wartawan, para orangtua murid bersama sang anak sedang mendapat penyuluhan dari petugas Dinas Pendidikan Sumut di Aula Amir Hamzah untuk memberikan pemahaman.

Sekretaris PPDB Sumut, Suhendri, mengatakan masyarakat tidak familiar terhadap sistem pendaftaran yang dibuat oleh Dinas Pendidikan Sumut. 

“Jadi tadi saya sudah katakan, ada masyarakat karena dia tidak tahu aplikasi. Karena masyarakat hari ini belum familiar terhadap perangkat. Tidak serta Merta kesalahannya yang sama,” katanya. 

Suhendri menyebutkan, persoalan tersebut terjadi akibat kesalahan pengguna ataupun calon peserta didik dalam melakukan proses pendaftaran.

Menurutnya, sebagian besar terjadinya kesalahan dalam menggunakan alat – alat komunikasi. 

“Kebanyakan ada yang memakai handphone, kemudian cache, historis yang ada di handphone itu tidak dihapus. Sehingga teman-teman, bapak ibu masyarakat mengalami kendala di situ. Itu saja sebenarnya,” ujarnya. 

Ia pun menegaskan, akibat dari kesalahan masyarakat yang tidak menghapus histori dan cache, sehingga menyebabkan terjadinya permasalahan dalam melakukan proses pendaftaran.

Lebih lanjut, Suhendri mengungkapkan, pilihan sekolah yang tersedia di website PPDB juga sudah sesuai dengan pilihan. Meskipun, lanjutnya, terdapat sejumlah kendala dalam proses registrasi, hal itu diakibatkan cache atau histori belum dihapus oleh masyarakat.

Ia juga mengakui, Dinas Pendidikan sudah melakukan sosialisasi terhadap  para peserta didik dengan harapan dapat menyelesaikan masalah secepatnya.

“Tetapi tadi ada beberapa yang sudah kita lakukan edukasi dan coba membantu, Alhamdulillah sudah clear. Hari ini penanganan masih ada di sini kalau di cabang dinas sudah ada penanganan, sehingga kita berbagi. Kalaupun mereka datang kemari kita siap melayani. Kalau ke cabang dinas, dinas yang melayani,” pungkasnya.(rk/mc)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,912FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles