September 30, 2022

Medan Cyber

Media Cyber Teraktual di Jagad Maya

DPRD Sumut Akan Panggil Kadis Pendidikan Terkait Server PPDB

Medancyber.com – Medan 

Situs website Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021 Sumatera Utara, didapati bermasalah, sehingga menyebabkan orangtua siswa mengeluh dan mendatangi Kantor Dinas Pendidikan Sumut. 

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPRD Sumatera Utara (Sumut), Baskami Ginting, mengatakan akan memanggil Kepala Dinas Pendidikan Sumut, Prof Syaifudin terkait website PPDB online 2021 yang bermasalah. 

“Kita akan panggil dinas pendidikan apa sebabnya begini, tidak sesuai dengan aturannya. Sekarang sudah terbuka gak bisa main-main lagi, semua sudah secara online tahu itu,” kata Baskami saat dikonfirmasi, Rabu (9/6). 

Disebutkan, seharusnya Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi, turun menyelesaikan persoalan ini, dan bertanggung jawab. Namun begitu, Baskami mengakui, akan melakukan pengecekan terlebih dahulu kepada Dinas Pendidikan.

“Jadi pembuktian itu nanti dibalikkan ke dinas pendidikan, kenapa bisa begini. Nanti juga akan kita cek kebenarannya, dan minta pertanggungjawaban kepala dinas apa sebenarnya kesalahannya,” ujarnya. 

Dia juga mengimbau, agar masyarakat melakukan pendaftaran sesuai dengan zona sekolah yang sudah ditetapkan.

Sebelumnya, sejumlah orangtua dan calon siswa mendatangi Dinas Pendidikan Sumut, akibat server website PPDB mengalami kerusakan.

Dalam kerusakan tersebut, terdapat sejumlah kendala dalam pengisian data base dan penempatan wilayah. Seperti, pilihan awalnya SMA Negeri 1, namun yang muncul SMA Pantai Labu. Dalam website juga tidak tertera pilihan jalur, afirmasi, zonasi, prestasi, dan lainnya.(rk/mc)