25 C
Medan
Monday, 17 June 2024
spot_imgspot_imgspot_img

Temui Wakil Gubernur, Ombudsman Sampaikan Kekacauan PPDB Sumut 2021

Medancyber.com – Medan

Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara, temui Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah, sampaikan persoalan kekacauan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021.

Dalam pertemuan tersebut, Wagubsu, Musa Rajekshah atau yang akrab disapa Ijeck langsung merespon laporan dari Ombudsman terkait PPDB yang sangat kacau, dan berjanji akan memanggil Kadis Pendidikan Sumut.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut, Abyadi Siregar, mengatakan telah menyampaikan proses PPDB 2021 yang berjalan stagnan. Menurutnya, hal itu disebabkan oleh kegagalan aplikasi dan vendor.

Untuk itu, lanjutnya, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara harus melakukan sesuatu yang sifatnya segera.

“Itu yang tadi kami sampaikan kepada Pak Musa Rajekshah,” kata Abyadi saat diwawancarai Waspada Online di Kantor Ombudsman Sumut, Jalan Sei Besitang, Medan, Jumat (18/6).

Selain itu, Abyadi mengakui, sejak PPDB dibuka tanggal 7 Juni 2021 lalu, persoalan aplikasi yang error tidak kunjung mendapat solusi. Kata dia, menjadi bukti bahwa vendor yang ditunjuk oleh Dinas Pendidikan Sumut telah gagal.

“Mereka terlihat tidak berpengalaman. Aplikasinya tidak matang, mereka juga terkesan tidak memahami persoalan IT,” sergahnya.

Lebih lanjut, Abyadi mengungkapkan, Ombudsman Sumut mendesak Pemprovsu melakukan tindakan yang bersifat segera.

“Tadi Pak Ijeck langsung mengaku akan memanggil Kadisdik sore ini. Ia akan mempertanyakan hal ini sekaligus merumuskan hal yang harus segera dilakukan. Apakah akan mengganti vendor atau hal lain, yang pasti kata beliau masalah ini harus segera selesai,” ungkapnya.

“Kami selaku lembaga pengawas pelayanan publik hanya memastikan bahwa masyarakat tidak dirugikan akibat PPDB yang runyam ini. Dan kami mengapresiasi pak Wagub Sumut langsung tanggap dengan persoalan ini,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ratusan orang tua calon siswa yang mendaftar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021 menyerbu Dinas Pendidkan Sumatera Utara (Sumut), di Jalan Cik Ditiro, Medan, Jumat (17/6).

Baca Juga:   Dilaporkan ke Polda Sumut, Rektor UMSU Siap Hadapi Proses Hukum

Kedatangan para orang tua tersebut untuk melakukan protes terhadap sistem PPDB 2021 Sumut yang kacau, mulai dari website yang eror, pengumuman yang tidak sesuai dengan ranking.

Pantaun wartawan, tampak ratusan orang tua memadati Aula Amir Hamzah Dinas Pendidikan Sumut. Sesekali terdengar teriakan dari para orang itu “PPDB Sumut kacau.”

Tampak terlihat panitia PPDB 2021 Sumut, kebingungan menanggapi aspirasi para orangtua calon siswa. (rk/mc)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,912FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles