25.5 C
Medan
Sunday, 14 April 2024
spot_imgspot_imgspot_img

3 Pencuri Senpi Milik Pol Air Diringkus Petugas, 1 Ditembak

Medancyber.com – Medan

Tiga sekawan yang nekat mencuri senjata api di rumah polisi, di Jalan Istiqomah, Gg Rukun, LK 20, Kelurahan Helvetia Timur, Medan Helvetia, akhirnya diringkus petugas Polsek Helvetia. Satu diantaranya dihadiahi timah panas.

Ketiga pelaku, masing-masing : YAP (33), warga Helvetia Timur; NR (28), warga Medan Barat; dan JH (31), warga Helvetia Timur.

Sebelum beraksi, ketiganya terlebih dahulu melihat-lihat lokasi keadaan rumah korban. Saat dirasa aman, ketiganya langsung melakukan pencurian di rumah korban.

Ketiga pelaku ini masing – masing berperan berbeda. YAP melakukan pencongkelan rumah korban, sedangkan NR menerima titipan tas (hasil curian) dari JH.

Ceritanya, bermula dari YAP didatangi oleh tersangka JH di rumahnya. Kemudian mereka sepakat untuk melakukan pencurian di rumah korban, Rabu (23/6) sekira Pukul 16.00 WIB.

Kemudian pada Kamis (24/6) sekira Pukul 03.00 WIB, JH dan YAP pergi menuju rumah korban. Setibanya di lokasi, JH mencongkel kusen jendela rumah korban dan membuka pintu utama rumah, dimana pada saat itu kunci rumah tidak dicabut oleh korban.

Setelah pintu terbuka, YAP masuk dan mengambil tas milik korban. Kemudian YAP mengambil senjata api dinas milik korban yang ada di dalam tas. Setelah itu YAP menyerahkan sebuah tas sandang warna hitam merek bodipack berisi baret dan carger beserta 2 (dua) unit HP kepada JH. Di persimpangan, YAP melarikan diri menggunakan Honda Vario warna hitam, dan JH kembali ke rumahnya yang terletak berdekatan dengan rumah korban.

Sementara korban terbangun dikarenakan mendengar suara bising sepeda motor, langsung melihat pintu depan rumahnya yang sudah terbuka.

Pagi itu korban langsung buat laporan ke Polsek Medan Helvetia, LP/B/253/VI/2021/SPKT POLSEK MEDAN HELVETIA/POLRESTABES MEDAN/POLDA SUMUT, tanggal 24 Juni 2021 Pelapor atas nama RUDI. Laporan itu pun ditindaklanjuti.

Baca Juga:   Hasyim SE Dorong Pemko Medan Beri Perhatian Besar untuk Pelaku UMKM

“Kemudian petugas kepolisian melakukan penyelidikan dan mengamankan tersangka YAP pada hari Kamis tanggal 24 Juni 2021 sekitar pukul 16.00 WIB.” Kata Kanit Reskrim Mapolsek Medan Helvetia, Iptu Zuhatta dalam siaran persnya, Rabu (30/6) sore.

Setelah diamankan, YAP memberikan informasi jika ada satu lagi temannya yang juga merupakan pelaku berinisial JH alias Gelek.

“Berdasarkan Informasi, pelaku kedua berinisial JH sedang berada di Jl Istiqomah, Gg Rukun, Kelurahan Helvetia Timur, Medan Helvetia, yang sedang buduk-duduk. Kemudian Personil Unit Reskrim Polsek Medan Helvetia langsung bergerak menuju TKP, lalu melakukan penangkapan Terhadap JH,” kata Iptu Zuhatta.

Lebih lanjut dikatakannya, petugas juga berhasil mengamankan barang bukti berupa 1 pucuk senjata api FN Jenis HS, 15 Butir peluru tajam/amunisi, sepasang plat No Polisi, 2 buah obeng, 1 buah pisau carter, 1 buah tang, 1 buah kendaraan bermotor merek Vario (alat yang digunakan), 1 buah tas warna hitam berisi 1 baret, 1 masker, 4 bed nama, 2 simbol Pol Air, 2 papan obat, 1 buah kunci borgol dan 1 unit Handpone

“Kepada para pelaku kami kenakan pasal 363 ayat (2) Jo 55, 56 KUHPidana dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara,” tegas Kapolsek Medan Helvetia, Kompol Pardamean. (oki)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,912FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles