September 27, 2022

Medan Cyber

Media Cyber Teraktual di Jagad Maya

Bantuan Beras Mulai Disalurkan, Edy Rahmayadi Ingatkan Petugas Bekerja dengan Benar

Medancyber.com – Medan

Bantuan beras mulai disalurkan kepada 952.531 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Sumatera Utara (Sumut). Untuk itu Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengingatkan agar para petugas yang menyalurkan bantuan tersebut dapat bekerja dengan benar dan tepat sasaran.

Penegasan itu diucapkan Edy Rahmayadi dalam rapat bersama para Bupati dan Walikota se-Sumut, Perum Bulog Wilayah Sumut, BPKP Sumut, PT Pos dan OPD terkait, secara virtual di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Kamis (22/7).

“Marilah kita sama menangani dengan benar. Ingatkan masyarakat kita yang tidak terlalu penting untuk mendahulukan yang sangat membutuhkan. Pada Bulog, saya mengucapkan terima kasih banyak. Pada kabupaten kota agar dapat membantu menyalurkan bantuan ini yang terbaik sampai pada yang berhak menerimanya,” katanya.

Edy Rahmayadi juga mengingatkan, terkait penyaluran bantuan ini agar dapat lebih teliti dan perhatian khusus, karena bantuan tersebut sifatnya sangat sensitif.

“Niat baik, namun kalau kita salah menjadi kontra produktif,” katanya, sembari mengingatkan bantuan ini langsung diantar ke rumah masyarakat dan jangan menimbulkan kerumunan.

Sementara Kepala Bulog Divre Sumut, Arif Mandu mengatakan, berdasarkan data Kementerian Sosial, untuk Sumut jumlah KPM penerima bantuan sebanyak 952.531, dengan rincian KPM Bantuan Sosial Tunai (BST) sebanyak 523.348 dan KPM Program Keluarga Harapan (PKH) sebanyak 429.183.

“Setiap KPM akan menerima beras 10 kg, sehingga jumlah beras yang disiapkan Perum Bulog Kanwil Sumut sebanyak 9.525.310 Kg,” katanya.

Dijelaskan Arif, sesuai mekanisme dalam penyaluran bantuan ini akan dilakukan oleh PT Pos (transporter) yang langsung mengambil dari gudang Bulog dan menyalurkan langsung ke rumah masyarakat.

Sedangkan Kepala PT POS Wilayah Medan, Dino Hariyadi mengatakan, pendistribusian bantuan akan dimulai usai rapat tersebut berlangsung (Kamis, 22/7), yang akan diserahkan ke masyarakat, baik itu siang atau pun malam hari, agar mempercepat program bantuan ini selesai.

“Kita akan berkordinasi dengan Pemda setempat dan akan bekerja sama dengan kepala lingkungan untuk penyerahannya,” katanya.

Sementara Kepala BPKP Sumut Kwinhatmaka mengingatkan pada petugas yang menyalurkan bantuan ini agar akuntabilitas, tanggung jawab dan tepat sasaran. Selain itu Pemda diharapkan juga berperan dalam penyaluran ini.

“Dari sisi pengawalan kami membutuhkan inspektorat untuk dilibatkan agar penyaluran dapat disalurkan tepat sasaran. Melibatkan inspektorat ini untuk menghindarkan hal-hal yang tidak diinginkan, nantinya juga akan melibatkan TNI dan Polri,” katanya.

Terkait risiko, menurut Kwinhat perlu antisipasi titik penyaluran dari gudang Bulog, kemudian ke transporter yang akan membagikan tepat waktu dan jumlah penerima sesuai data dari Dinas Sosial.(re/js)