May 16, 2022

Medan Cyber

Media Cyber Teraktual di Jagad Maya

Rage Shake dan Carousel, Dua Fitur Baru Instagram

Medancyber.com – Instagram menambah fitur baru untuk feed di linimasa. Fitur baru itu bernama┬áRage Shake dan Carousel.

CEO Instagram Adam Mosseri mengumumkan ada dua fitur baru yang akan hadir di platform jejaring sosialnya. Pengumuman itu disampaikan langsung oleh Mosseri dalam sebuah unggahan video di akun Instagram pribadinya, @mosseri. Fitur pertama yang diumumkan adalah “Rage Shake”.

Sesuai namanya, Rage shake memungkinkan pengguna Instagram menggoyang ponselnya untuk melapor jika mengalami masalah di aplikasinya dengan lebih cepat.

Misalnya, jika pengguna tiba-tiba tidak bisa mengunggah Instagram Story atau feed, maka cukup menggoyangkan atau mengocok ponsel dengan aplikasi Instagram yang masih dalam keadaan terbuka. Nantinya, akan muncul pop-up di layar yang menanyakan “apakah ada sesuatu yang salah?” Kemudian, pengguna bisa menyampaikan masalah yang dialami dengan mengetuk tombol “laporkan masalah”.

“Anda bisa menjelaskan apa yang sedang terjadi, bagaimana masalah bisa terjadi, dan semua amarah yang Anda alami, dan kami akan meminta seseorang untuk mengeceknya,” jelas Mosseri.

Selain menjelaskan masalah dalam teks, pengguna juga bisa mengunggah foto atau tangkapan layar sebagai data pendukung.

Di pop-up yang sama, pengguna juga bisa menon-aktifkan “Rage Shake” agar tidak muncul ketika ponsel digoyangkan.

Selama ini, penyampaian masalah lewat aplikasi Instagram harus melalui beberapa langkah, yakni mengunjungi laman profil > bantuan > laporkan masalah. Dengan menggoyangkan ponsel, proses pelaporan pun menjadi lebih ringkas dan cepat.

Cara menghapus salah satu foto atau video carousel di Instagram.

Fitur berikutnya yang diumumkan Mosseri adalah opsi menghapus foto carousel. Menurut Mosseri, fitur tersebut selama ini memang sudah banyak diminta pengguna Instagram, sebagaimana telah dirangkum dari The Verge, Kamis (18/11/2021).

Carousel merupakan jenis unggahan di feed Instagram yang terdiri dari beberapa foto atau video. Sebelumnya, jika ada satu foto atau video yang ingin dihapus setelah diunggah, pengguna harus menghapus keseluruhan posting carousel berikut semua foto dan video di dalamnya.

Dengan fitur baru ini, pengguna bisa menghapus hanya salah satu foto/video carousel yang telah diunggah, tanpa harus menghapus foto atau video lain dalam posting. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka posting carousel yang ingin diperbaiki
  2. Kemudian, klik tiga titik di pojok kanan atas
  3. Klik “edit”, kemudian pilih foto yang ingin dihapus dari carousel
  4. Jika foto telah dipilih, klik ikon tempat sampah untuk menghapusnya.

Fitur baru Instagram yang memungkinkan pengguna menghapus salah satu foto atau video carousel. Mosseri mengatakan, fitur hapus carousel baru tersedia di platform iOS.

Sementara fitur rage shake sudah tersedia di iOS maupun Android. Sayangnya, dua fitur ini baru hadir untuk pengguna Instagram di Amerika Serikat.

“Rage shake tersedia di iOS dan Android hanya di Amerika Serikat untuk permulaan, dan fitur hapus foto carousel ada di iOS dan akan menyusul segera di platform Android,” pungkas Mosseri dalam videonya. (Rsi/Mc)