25 C
Medan
Friday, 19 April 2024
spot_imgspot_imgspot_img

Ibu Kota Nusantara Bakal Tersambung Tol Bawah Laut

Medancyber.com – Ibu kota negara (IKN) Nusantara bakal dilengkapi dengan tol baru. Tol ini akan menjadi salah satu akses utama ke ibu kota.

Panjang tol ini sekitar 47 km. Untuk panjang terowongannya diperkirakan 1 hingga 1,5 km.

“Kalau jalan tolnya 47 km, kalau panjang tunnelnya mungkin 1-1,5 km tergantung nanti, kita sedang mempelajari. Sudah banyak, sedang kita pelajari referensinya dari beberapa negara,” sambungnya.

Jalan tol akan dibangun menembus bawah laut. Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN)Danis Sumadilaga mengatakan tol ini akan menghubungkan Sepinggan ke ibu kota negara Nusantara dengan panjang 47 km.

“Kita juga akan segera mempersiapkan, yang nantinya menjadi akses utama ke IKN itu adalah jalan tol dari Balikpapan, dari Sepinggan dari Airport Balikpapan, menuju ibu kota negara. Panjangnya kurang lebih 47 km secara bertahap ya,” katanya, Rabu (19/1/2022).

Tol ini akan melewati Teluk Balikpapan. Tol ini akan didesain dengan dilengkapi terowongan di bawah laut.

“Mungkin kita sedang mendesain itu juga melewati Teluk Balikpapan melalui terowongan bawah laut,” ujarnya.

Ada beberapa pilihan untuk melewati Teluk Balikpapan yakni memakai jembatan atau terowongan. Pihaknya mempertimbangkan penggunaan tunnel.

“Kita punya pilihan, menyeberangi Teluk Balikpapan bisa dengan jembatan, bisa juga dengan tunnel. Kita sedang mempertimbangkan pilihannya menggunakan immersed tunnel. Tunnel di bawah laut,” terangnya.

Panjang tol ini sekitar 47 km. Untuk panjang terowongannya diperkirakan 1 hingga 1,5 km.

“Kalau jalan tolnya 47 km, kalau panjang tunnelnya mungkin 1-1,5 km tergantung nanti, kita sedang mempelajari. Sudah banyak, sedang kita pelajari referensinya dari beberapa negara,” sambungnya.(bri/mc)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,912FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles