25.6 C
Medan
Wednesday, 17 April 2024
spot_imgspot_imgspot_img

Gubsu Tutup MTQ Ke-38 Sumut, Medan Juara Umum

Medancyber.com – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi menutup secara resmi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-38 Tingkat Sumut, di Gelanggang Mahasiswa Kampus I Universitas Islam Negeri (UIN) Sumut, Jalan IAIN/Sutomo Ujung Medan, Senin (28/3/2022). 

Penutupan dilakukan Gubsu secara virtual melalui Zoom Meeting dari Aula Universitas Aufa Royhan Kota Padangsidimpuan disela-sela Pra Musrenbang tingkat provinsi Zona Pantai Barat yang didampingi para bupati dan walikota se-zona Pantai Barat, Gubsu memukul rebana sebagai tanda penutupan MTQ Sumut yang digelar sejak 21 Maret lalu. 

Gubsu Edy Rahmayadi mengatakan, MTQ yang dilaksanakan seminggu telah berjalan dengan baik. Beberapa peserta baru telah menunjukkan kemampuannya secara maksimal. Tentu ini karena pembinaan yang dimulai dari bawah (desa) sampai ke tingkat provinsi telah berjalan dengan baik.  

“Motivasi kita dalam menekuni Alquran ini hendaknya bisa kita tunjukkan dalam kehidupan sehari-hari. Alquran menuntun kita agar bisa menjadi manusia yang baik dan berguna bagi masyarakat,” kata gubernur.

Sementara itu, Ketua Umum Panitia MTQ ke-38 Tingkat Sumut Prof Dr Syahrin Harahap MA dalam laporannya menyampaikan, setelah delapan hari pelaksanaan MTQ ke-38 Sumut di UIN Sumut, musabaqah telah berjalan dengan baik. 

Rektor UIN Sumut yang juga Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Islam (Kopertais) Wilayah IX Sumut ini menyampaikan, piala yang diperoleh tak sepadan dengan ilmu yang diperoleh dari menekuni Alquran. Dia kemudian mengutip sebuah hadis Nabi, “Yang terbaik dari umatku adalah mereka yang menekuni Alquran”. 

“Tantangan pembangunan Sumut sedemikian berat dan cita-cita sedemikian tinggi. Karenanya, yang menjadi penyambung lidah masyarakat Sumut agar pembangunan berjalan dengan baik dan semua tantangan bisa diahadapi dengan selamat adalah bacaan-bacaan Alquran yang dilantunkan siang dan malam. Kami juga berharap, para qari-qariah terus melantunkan bacaannya agar pembangunan Sumut berhasil sesuai dengan yang dicita-citakan,” kata Syahrin.

Baca Juga:   Dua Kurir Sabu Disergap di Hotel Medan, Mendapat Upah Rp 40 Juta

Ketua Lembaga Tilawatil Quran (LPTQ) Sumut Dr Asren Nasution MA mengatakan,  37 kali MTQ Sumut sebelumnya semuanya dilaksanakan secara bergiliran di kabupaten/kota. Namun pada tahun ini,  penyelenggaraannya diamanahkan kepada Kopertais Wilayah IX Sumut. Karena diselenggarakan di perguruan tinggi, maka baru kali ini susunan panitianya diisi oleh 8 profesor, 66 doktor, 56 program magister dan 28 orang sarjana. “Sehingga memberi keyakinan bagi LPTQ Sumut, bahwa MTQ ke 38 ini mendekati sempurna dibandingkan MTQ tahun-tahun sebelumnya,” kata mantan Pj Bupati Pakpak Bharat ini.

Asren menambahkan, pasca MTQ ke-38, LPTQ akan melakukan persiapan dan pembinaan menuju MTQ Nanional 2022 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Persiapan dilaksanakan selama 114 hari, yaitu sesuai jumlah nama-nama surah dalam Alquran. Pembinaan dilakukan empat tahap, yakni tahap pertama memanggil 118 peserta terbaik I dan II, kecuali fahmil Quran dan syarhil Quran yang dibina juara I, II dan III.

Lalu tahap II, juga akan dilakukan pembinaan 118 peserta terbaik selama 15 hari pada Mei 2022. Kemuduan pada tahap ketiga, akan tersisa 54 orang. Mereka akan dibina 60 hari hingga jelang berangkat ke Banjarmasin. 

“Kami berkomitmen, kafilah Sumut jadi kafilah yang terlatih dan solid hingga meraih prestasi membanggakan di MTQ Nasional di Kalimantan Selatan nantinya,” kata Asren yang juga Kepala Badan Pembinaan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sumut. 

Seusai acara penutupan, Ketua Dewan Hakim MTQ Dr Muhammad Yusuf Rekso, dan Sekretaris Milhan Yusuf MA membacakan nama-nama pemenang MTQ Sumut. Kafilah Kota Medan dinobatkan sebagai juara umum dengan nilai 127, unggul jauh dari Deli Serdang (nilai 35) dan Asahan (nilai 33) yang berada di peringkat kedua dan ketiga. Sedangkan peringkat keempat adalah kafilah Langkat dan Binjai yang sama-sama meraih nilai 25. Adapun peringkat kelima dan keenam diduduki Serdang Bedagai (nilai 23) dan Padang Lawas (nilai 18). 

Baca Juga:   Terjadi di Lapas Banyuwangi, Seorang Ustaz Tepergok Bawa Sabu Saat Hendak Ceramah

Sedangkan untuk kategori MTQ  antarmahasiswa perguruan tinggi agama Islam swasta Sumut, juara umum diraih oleh STAI Lubuk Pakam, Deli Serdang. (js/mc)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,912FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles