May 16, 2022

Medan Cyber

Media Cyber Teraktual di Jagad Maya

Ini Peringatan BMKG Maritim Belawan, Akan Ada Banjir Rob Setinggi 2,7 Meter

Medancyber.com – Banjir rob atau pasang air laut terus mengancam masyarakat di Kecamatan Medan Belawan. Banjir rob tertinggi menimpa kawasan pesisir kawasan Utara Kota Medan dengan ketinggian 2,7 meter terjadi pada tanggal 15 Mei hingga 18 Mei 2022 pukul 13.00 WIB hingga 15.00 WIB.

Demikian data yang dihimpun wartawan dari Badan Meteologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Belawan dan imbauan Camat Medan Belawan, Subhan Fajri Harahap dalam surat pemberitahuan kepada masyarakat Nomor 613/827 tentang Peringatan Dini Banjir Pesisir (Rob), Kamis (12/5/2022).

Untuk mencegah hal yang tak diinginkan, Subhan Fafri mengimbau masyarakat Belawan untuk waspada dan berhati-hati dalam menyikapi banjir air laut musiman tersebut.

Dalam surat tersebut juga disampaikan, kepada masyarakat pesisir yang bermukim di Kecamatan Medan Belawan dan sekitarnya untuk meningkatkan kewaspadaan adanya aktivitas pasang air laut maksimum yang diprediksi berpotensi terjadi pada tanggal 15 Mei sampai 18 Mei 2022.

Banjir rob, sebut Subhan, akan berdampak terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas masyarakat serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan.

“Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan siaga mengantisipasi dampak dari banjir pesisir atau rob, serta memperhatikan informasi cuaca ekstrem dari BMKG. Sehingga, sesuatu yang tidak kita inginkan dapat dicegah lebih dini, agar tidak terjadi musibah dari banjir rob tersebut,” kata Subhan.(mbd/js)