30.6 C
Medan
Friday, 29 March 2024
spot_imgspot_imgspot_img

Bank Indonesia Sosialisasi dan Edukasi Pasar S.I.A.P QRIS : Belanja Bijak Dengan QRIS

Medancyber.com – Pertumbuhan ekonomi nasional selama tahun 2022 diprakirakan tetap berada dalam kisaran proyeksi Bank Indonesia pada 4,5-5,3% dengan tendensi bias atas di didukung terus membaiknya indikator terkini. Pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara selama tahun 2022 juga akan terus tumbuh dan diprakirakan lebih tinggi dari tahun 2021 dengan kisaran 4,1-4,9% (yoy). 

“Pada bulan Oktober, tingkat inflasi Sumut tercatat menurun jika dibanding bulan sebelumnya dan lebih rendah dari tingkat inflasi nasional secara tahunan. Meskipun, inflasi Sumut pada akhir tahun 2022 berisiko lebih tinggi dari rentang sasaran inflasi nasional, laju inflasi di Sumut tetap terkendali. Sinergi dan koordinasi terus diperkuat melalui TPID Provinsi dan Kabupaten/Kota di Sumut penting dilakukan dalam mendukung program pengendalian inflasi melalui strategi 4K” ucap Doddy Zulverdi selaku Kepala Kantor Perwakilan BI Sumut pada Bincang Bareng Media (BBM) di Gedung BI Sumut, Jumat (25/11/2022).

Doddy menjelaskan, Bank Indonesia terus mendorong penggunaan QRIS dan melanjutkan pengembangan fitur serta layanan QRIS termasuk perluasan QRIS antarnegara seiring dengan telah tercapainya target 15 juta pengguna baru QRIS pada Oktober 2022.

Lanjut Doddy, pengguna baru QRIS di Sumut mencapai 957.856 orang atau 97.74% dari 980.000 pengguna baru yang ditargetkan. Penyebaran merchant QRIS berpusat pada kota besar yang telah memiliki jaringan infrastruktur yang memadai seperti Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang. Di sisi lain, penambahan merchant QRIS di periode Oktober 2022 menunjukkan angka 922 ribu. Hal ini harapannya dapat mendukung kematangan ekosistem digital Sumut kedepannya.

“Dalam upaya mendorong perluasan implementasi QRIS di Pasar Tradisional yang menjadi piloting program Sehat, Inovatif, dan Aman Pakai QRIS atau S.I.A.P QRIS, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Sumatera Utara bersinergi bersama PJP baik bank maupun non bank melakukan edukasi dan fasilitasi pendaftaran QRIS kepada pedagang di tiga pasar yakni Pasar Sukaramai, Pusat Pasar, dan Pasar Perbaungan. Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan Kampanya Bijak dan Pasar Murah Dengan QRIS sebagai upaya pengendalian inflasi (GNPIP) menjelang HBKN 2022”, kata Doddy.

Baca Juga:   KSP Siap Bantu Pemko Medan Realisasikan Penataan Kawasan Kota Lama & Revitalisasi Lapangan Merdeka

Doddy menambahakan, dengan telah terbentuknya Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) baik ditingkat provinsi, kota, maupun kabupaten diharapkan mampu mengakselerasi digitalisasi daerah.

“KPwBI Provinsi Sumatera Utara yang menjadi bagian dari TP2DD turut aktif mendukung percepatan penyusunan Peta Jalan dan Rencana Aksi. Pada November 2022, telah dilakukan rapat koordinasi kepada Pemkot Medan, Binjai, dan Tebing Tinggi dalam upaya penyusunan Peta Jalan TP2DD maupun Evaluasi TP2DD” tuturnya.

Bank Indonesia akan melaksanakan Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) periode Tahun 2022 secara serentak di seluruh kantor perwakilan pada tanggal 30 November 2022. Rangkaian kegiatan PTBI bertujuan untuk memberikan pandangan mengenai perkembangan perekonomian terkini dan arah kebijakan strategis Bank Indonesia kedepan, serta memberikan apresiasi kepada mitra strategis Bank Indonesia atas kerjasama yang dilakukan dan dukungan terhadap pelaksanaan peran dan fungsi Bank Indonesia. (Rsi/Mc)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,912FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles