25 C
Medan
Friday, 23 February 2024
spot_imgspot_imgspot_img

Fraksi Partai Gerindra: Ada 6 Permasalahan Dihadapi Pelaku UMKM di Kota Medan

Medancyber.com – Anggota DPRD Kota Medan Fraksi Partai Gerindra, DPRD Dedy Aksyari Nasution ST, tentang Perlindungan dan pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terhadap pendapat Kepala Daerah Ranperda Inisiatif DPRD Kota Medan memberikan jawaban dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Medan, Selasa (31/01/2023).

Dedy mengatakan, Tahun 2022 Pemerintah Kota Medan telah menganggarkan bantuan keuangan kepada pelaku UMKM sebesar Rp8 milyar serta bantuan peralatan senilai Rp2,53 milyar lebih.

Menurut Fraksi Partai Gerindra, lanjutnya, ada enam permasalahan yang dihadapi para pelaku UMKM Kota Medan dalam mengembangkan dan memajukan usahanya. Yakni, kurangnya modal pemasaran dan pangsa pasar, kurangnya teknologi dan kemasan produk, kurangnya sumber daya manusia (SDM), akses kemitraan dan jaringan usaha, serta perizinan.

Untuk itu, Pemerintah Kota Medan diminta untuk memberikan solusi yang terbaik. Salah satunya dengan memberikan pelatihan-pelatihan dan mempermudah perizinan pelaku UMKM.

“Pemko Medan harus terus membuka jaringan dengan beberapa bank yang dapat memfasilitasi pemberian pinjaman lunak kepada UMKM di Kota Medan. Serta memberikan pelatihan dalam upaya menjadikan SDM mampu mengelola usahanya dengan baik,” kata Dedy.

Ia juga menyatakan, Fraksi Gerindra menyambut baik upaya Pemko Medan dalam memberikan pelatihan-pelatihan bagi para pelaku UMKM. Selain itu, dengan mengikutsertakan dalam berbagai kegiatan maupun bazar yang digelar pemerintah.

Dengan demikian, produk dari pelaku UMKM tersebut semakin dikenal serta bisa saling tukar informasi antar sesama pelaku UMKM.

“Karena Bazar maupun pameran adalah media yang cukup ampuh untuk promosi produk UMKM,” sebut Dedy.(wik/mc)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,912FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles