25 C
Medan
Friday, 19 April 2024
spot_imgspot_imgspot_img

Saat Korut Krisis Akut, Harta Kim Jong Un Tembus Rp76 Triliun

Medancyber.com – Kekayaan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dikabarkan naik menjadi US$5 miliar atau sekitar Rp76 triliun pada 2023 saat krisis akut menghantam negara itu.

Menurut beberapa laporan media, pada 2023 kekayaan Kim mencapai US$5 miliar hingga US$6 miliar atau sekitar Rp76 triliun atau Rp91 triliun.

Wealthy Gorilla melaporkan harta Kim di tahun ini sebanyak US$5 miliar atau sekitar Rp76 triliun, sementara Edudwar mencatat kekayaan dia US$5,2 miliar atau Rp79 triliun.

Di situs caknowledge.com, kekayaan Kim mencapai US$6,0 atau sekitar Rp91 triliun. Mereka juga melaporkan harta pemimpin Korut itu bertambah US$500 juta atau sekitar Rp7,6 triliun per tahun dari 2020 hingga 2023.

Pada 2018, majalah bisnis Amerika Serikat, Forbes, sampai-sampai menjadikan Kim Jong Un di urutan ke-36 sebagai orang berpengaruh di dunia.

Harta Kim menjadi sorotan usia banyak warga Korut sebal karena anaknya, Kim Ju Ae, tampil mewah saat krisis akut.

Menurut warga Korut, Ju Ae, tampak makan dan hidup enak. Ia juga terlihat sehat dibanding anak-anak lain di negara itu dan sering muncul di TV dengan baju mewah.

Kebanyakan warga di negara itu tak bisa makan dengan benar sehingga tulang pipi lebih menonjol daripada wajah, demikian laporan Radio Free Asia (RFA).

Terbaru, Ju Ae mengenakan jaket hitam dengan bulu di bagian kerah, kancing berwarna emas, dan sarung tangan saat menghadiri pembangunan jalan baru di Distrik Sopho, Pyongyang pada 25 Februari.

Sementara itu, Korut tengah dihantam krisis akut beberapa tahun terakhir.

Negara Asia itu mengalami krisis pangan karena bencana alam dan sanksi internasional. Kondisi ini kian parah usai pemerintah menutup semua perbatasan rapat-rapat akibat Covid-19.

Baca Juga:   Sambut HBA ke-62 dan HUT IAD ke XXII 2022, Kejari Medan Gelar Baksos

Pada Desember, Badan Pembangunan Pedesaan Korea Selatan melaporkan produksi pertanian Korea Utara sekitar 4,5 juta ton selama 2022.

Jumlah tersebut turun 3,8 persen dari 2021 karena berbagai faktor.(cnni/js)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,912FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles