25.5 C
Medan
Sunday, 14 April 2024
spot_imgspot_imgspot_img

Wujudkan Semangat Sinergi Bagi Negeri, Honda Gelar Pelatihan Guru SMK Modul Dasar

Medancyber.com – Semangat sinergi bagi negeri meningkatkan kualitas pendidikan vokasi Sumatera Utara melalui standar kompetensi guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Mitra Binaan AHM yang mumpuni kembali gencar diwujudkan PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara (Sumut) melalui aktivitas pelatihan modul dasar Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (KTBSM) Astra Honda kepada puluhan guru SMK binaanya di wilayah Sumatera Utara (Sumut).

Pelatihan yang berlangsung di di Indako Development Center (IDC) Jl. Adam Malik Medan digelar pada 28 Agustus s/d 2 September 2023 ini diikuti oleh 15 peserta yang berasal dari sejumlah SMK Mitra Binaan AHM. Tidak hanya dari kota Medan, namun para guru SMK yang menjadi juga peserta juga datang dari berbagai daerah seperti Binjai, Langkat, Perbaungan, Perdagangan, Sipirok, dan Lubuk Pakam,

Selama beberapa hari, Honda bersama para Instructor Technical Service terlatihnya memberikan sejumlah materi terkait alat ukur, perawatan tools, wiring diagram, baterai, pengapian dan pengisian, bongkar dan pasang body, ganti oli, sertadasar mur dan skrup. Selain itu juga ada terori terkait komponen mesin, transmisi otomatis, bahan bakar, dan teknologi PGM FI.

Selain itu para guru juga harus menghadapi evaluasi terkait komponen mesin dan transmisi otomatis, evaluasi bahan bakar dan PGM FI. Tidak hanya membekali dengan teori, namun para guru juga diberikan pemahaman melalui sesi praktek setiap materi yang diharapkan dapat menambah kualitas ilmu yang disampaikan saat mengajar nanti.

Yuhendrik, S.Pd dari SMKN 1 Perbaungan mengungkapkan, sangat bersyukur dapat mengikuti pelatihan modul dasar bersama Honda. Menurutnya pelatihan ini akan sangat bermanfaat dalam menambah wawasan para guru SMK dalam melakukan transfer ilmu pengetahuan otomotif roda dua guna melahirkan para pelajar dengan kualitas terbaik.

Baca Juga:   Bagi 500 Paket Sembako Jelang Nataru 2022, Sekjen Sumut: Kader Golkar Harus Mencontoh Rommy

Feri Panji, Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy mengungkapkan, bahwa pelatihan modul dasar ini merupakan komitmen Honda dalam peran sertanya memajukan dunia pendidikan di Sumatera Utara. Untuk mengukur pengetahuan para guru, sebelum pelatihan terlebih dahulu digelar pra test yang bermanfaat sebagai tolak ukur keahlian di awal kompetensi. Tidak hanya itu, setelah pelatihan pemahaman guru juga kembali diuji sesuai standar kompetensi yang ditetapkan, sehingga dapat dilihat tingkat pamahaman yang dihasilkan setelah pelatihan.

Sementara itu Leo Wijaya, Vice Presdir PT Indako Trading Coy mengungkapkan, dengan semangat Satu Hati Sinergi Bagi Nageri, Honda ingin tetap hadir di dunia vokasi. Pihaknya berharap pelatihan modul dasar bagi guru-guru di SMK Mitra Binaan AHM ini dapat mendukung terciptanya pendidikan vokasi yang lebih baik di Sumatera Utara.(ril/bdh)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,912FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles