33 C
Medan
Saturday, 20 April 2024
spot_imgspot_imgspot_img

Laporan PBB : 10 Anak di Gaza Meninggal Akibat Kelaparan

Medancyber.com – Di penghujung pekan lalu (1/3/2024), Persatuan Bangsa-bangsa (PBB) melaporkan,10 anak di Gaza meninggal dunia akibat kelaparan. Pejabat PBB bahkan mengkhawatirkan jumlah kematian anak akibat kelaparan ini akan semakin bertambah.

Juru Bicara Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Christian Lindmeier mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa catatan resmi pada hari Jumat menyatakan 10 anak telah meninggal di rumah sakit Gaza karena kekurangan gizi dan dehidrasi. “Ambang batas yang sangat menyedihkan, dan sayangnya angka tidak resmi diperkirakan akan lebih tinggi,” kata Lindmeier.

Menurut Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan PBB, perang Israel dengan Hamas yang sedang berlangsung telah menyebabkan satu dari empat warga Palestina menghadapi tingkat bencana kerawanan pangan.

PBB dan Uni Eropa telah menyerukan penyelidikan atas insiden pada Kamis (29/2/2024), ketika lebih dari 115 orang tewas dan ratusan lainnya terluka di Gaza utara saat menunggu makanan dan bantuan dari konvoi bantuan.

Hamas menuduh pasukan Israel menembaki warga Palestina yang antre untuk bantuan makanan. Namun militer Israel membantah melakukan kesalahan dan mengeklaim para korban tewas terinjak-injak setelah massa menyerbu konvoi.

Organisasi-organisasi kemanusiaan telah mengatakan kepada Dewan Keamanan PBB bahwa pola serangan yang dilakukan IDF terhadap rumah sakit dan konvoi bantuan adalah disengaja atau menunjukkan ketidakmampuan yang ceroboh.

Juru bicara OCHA Jens Laerke mengatakan perang ini membuat pencarian makanan di Gaza hampir mustahil.

“Kebiasaan menyediakan makanan di atas meja kini telah berhenti sama sekali. Fondasi utama dari makanan sehari-hari masyarakat sedang dirampas.” tegasnya.

Klasifikasi Fase Ketahanan Pangan Terpadu, yang digunakan oleh lembaga-lembaga bantuan sebagai referensi, menunjukkan bahwa seluruh penduduk Gaza (sekitar 2,1 juta) menghadapi tingkat kerawanan pangan krisis, dan sekitar 50% atau 1,17 juta penduduk menghadapi tingkat darurat.(bs/js)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,912FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles