33 C
Medan
Saturday, 20 April 2024
spot_imgspot_imgspot_img

Partai Golkar Teratas, Ahmad Doli Kurnia Kantongi Suara Tertinggi di Dapil Sumut III

Medancyber.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara, menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat provinsi Sumut pada Pemilu tahun 2024.

Rapat pleno ini, berlangsung di Lee Polonia Hotel, di Jalan Jendral Sudirman, Kota Medan, berlangsung sejak 4 hingga 10 Maret 2024. Rekapitulasi tersebut, pembacaan hasil rekapitulasi tingkat Kabupaten/Kota atau D Hasil.

Rekapitulasi tersebut, sudah memasuki tahap-tahap akhir. Termasuk sejumlah KPU Kabupaten/Kota sudah melakukan pembacaan D hasil. Kemudian, diikuti dengan daerah lain, yang sedang berproses saat ini.

Berdasarkan data dihimpun wartawan, terkhusus pada Daerah Pemilihan (Dapil) III Sumut untuk DPR RI, meliputi Asahan, Batu Bara, Dairi, Karo, Langkat, Pakpak Bharat, Simalungun, Binjai Pematangsiantar dan Tanjungbalai.

Dimana, khusus untuk di Dapil Sumut III ini, dari hasil data diperoleh. Perolehan suara tertinggi, yakni Ahmad Doli Kurnia Tandjung, dengan mengantonginya suara 141,928. Doli Tandjung, yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi II ini, berhasil mengantarkan Golkar meraih 3 kursi DPR RI dari dapil Sumut III ini.

Sedangkan, dua caleg dari partai Golkar lainnya, yakni Delia Pratiwi Sitepu memperoleh 118,618 dan Mangihut Sinaga memperoleh suara 116,056.

Kemudian, dua caleg dari PDI Perjuangan memperoleh 94.621 suara dan Bane Raja Manalu memperoleh 91.176 suara. Sisa 5 kursi dari dapil III Sumut ini, masing-masing satu kursi, yakni NasDem Rudi Hartono Bangun memperoleh 103.387 suara.

Selanjutnya, caleg Gerindra, Sugiat Santoso memperoleh 58.228 suara. Caleg PKS, Ansory Siregar memperoleh 66.736 suara. Caleg Demokrat, Hinca I P Pandjaitan XIII memperoleh 74.376 suara dan caleg PAN, Nasril Bahar memperoleh 59.947 suara.

Suara tertinggi secara partai politik diraih Golkar tidak lepas kontribusi besar Doli yang juga adalah Wakil Ketua Umum Pemenang Pemilu DPP Golkar, juga berhasil membawa Golkar menjadi pemenang di dapil Sumut I, dapil Sumut II dan dapil Sumut III.

Baca Juga:   Tak Jujur, Oknum Satgas PDIP Penganiaya Anak Dibentak Hakim

Sedangkan, kursi diperoleh Partai Golkar dari keseluruhan dapil Sumut ini, ke DPR RI, dengan jumlah 8 kursi, dengan perincian dapil Sumut I, memperoleh 2 kursi, dapil Sumut II, memperoleh 3 kursi dan dapil Sumut III, memperoleh 3 kursi.

Dalam catatan, partai Golkar ini memiliki prestasi tersendiri, karena berhasil meningkatkan 100 persen perolehan kursi di DPR RI, pada Pemilu tahun 2019 berjumlah 4 kursi.(bdh/mc)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,912FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles