30 C
Medan
Tuesday, 23 April 2024
spot_imgspot_imgspot_img

78 Pegawai KPK Terlibat Pungli Jalani Pemeriksaan Disiplin

Medancyber.com – Sebanyak 78 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang terbukti menerima pungutan liar (Pungli) di Rumah Tahanan Negara (Rutan) KPK mulai menjalani pemeriksaan disiplin.

“Ya ini kan sudah mulai dilakukan pemeriksaan terkait disiplin, jadi nanti tunggu lah. Saatnya nanti kami akan sampaikan lagi,” kata Sekjen KPK Cahya Hardianto Harefa di Kantor Ombudsman, Jakarta, Kamis (14/3).

“78 [terperiksa],” tambahnya.

Cahya enggan menjelaskan bentuk sanksi lanjutan apa yang akan diberikan KPK kepada 78 pegawainya tersebut.

“Ya tentunya kami akan pertimbangkan semuanya ya, nanti lagi berjalan semua,” kata dia.

Kasus dugaan pungli terjadi di Rutan KPK cabang K4 (Merah Putih), Rutan KPK cabang C1, dan Pomdam Jaya Guntur, sejak tahun 2018 hingga 2023. Dewas KPK menaksir total pungli dalam lima tahun tersebut lebih dari Rp6 miliar.

Dewas KPK sudah membacakan putusan kode etik 90 orang pegawai KPK yang terlibat pungli rutan tersebut. Sidang pembacaan putusan tersebut dilakukan enam kali.

Dari 90 pegawai, sebanyak 78 pegawai KPK dijatuhi sanksi berat berupa permintaan maaf secara terbuka langsung dan sudah melaksanakannya. Lalu ada 12 pegawai KPK sisanya diserahkan Dewas kepada Sekjen KPK.

Belasan pegawai KPK dimaksud melakukan pelanggaran kode etik menjurus tindak pidana pada tahun 2018 saat Dewas KPK belum dibentuk sehingga tidak mempunyai kewenangan mengadili.(cnni/js)

Baca Juga:   Pengusutan Kasus Wamenkumham Eddy Hiariej, KPK Panggil Tiga Orang Saksi

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,912FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles