33 C
Medan
Saturday, 20 April 2024
spot_imgspot_imgspot_img

Kemenag Gelar Sidang Isbat: Lebaran Jatuh Pada 9 April

Medancyber.com – Kementerian Agama akan menggelar Sidang Isbat penentuan 1 Syawal atau Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah tahun ini pada 9 April 2024 mendatang.

“Insyaallah tanggal 9 [April],” kata Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin, Sabtu (16/3).

Kamaruddin mengatakan sidang Isbat akan digelar di Kantor Kementerian Agama dengan mengundang ormas-ormas Islam dan pihak lainnya.

Sebelum menggelar Sidang Isbat, Ia juga mengatakan Kemenag akan melakukan rukyatul hilal atau pemantauan hilal 1 Syawal di berbagai titik yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Kira kira kurang lebih 134 titik [pemantauan hilal],” kata dia.

Sebelumnya Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kemenko PMK Warsito sempat memprediksi lebaran Idulfitri 1445 Hijriah /2024 tak ada perbedaan. Semuanya merayakan di hari yang sama.

Hal itu disampaikan dirinya ketika memimpin rapat koordinasi lintas sektor membahas persiapan Idul Fitri 1445 Hijriyah dan arus mudik Lebaran tahun 2024, Jumat (15/3).

“Perayaan Idulfitri tahun 1445 Hijriyah ini sepertinya tidak terjadi perbedaan, meskipun tetap harus menunggu hasil sidang isbat di akhir Ramadan nanti,” kata Warsito dalam keterangannya, Sabtu (16/3).(cnni/js)

Baca Juga:   Bakamla Tangkap Kapal Ikan Berbendera Vietnam di Laut Natuna Utara

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,912FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles