25.6 C
Medan
Monday, 20 May 2024
spot_imgspot_imgspot_img

cari_aman di Jalan, Perhatikan Kondisi Ban Motor Kebanggaan

Medancyber.com – Dari sekian banyak trouble yang bisa terjadi pada motor kebanggaan, kondisi ban menjadi salah satu yang harus menjadi perhatian. Meski kadang terabaikan, namun ternyata kondisi ban memiliki peran penting yang sangat mempengaruhi kenyamanan berkendara serta mendukung para pengendara untuk melindungi hal berharga dalam hidup saat sedang mengaspal di jalan.

Fungsi utama ban sendiri adalah sebagai penopang berat sepeda motor dan pengendara serta menyerap guncangan dari permukaan jalan sebelum diserap lagi oleh suspensi. Salah satu tujuannya agar berkendara terasa lebih nyaman, meneruskan gaya gerak dan pengereman ke permukaan jalan, serta menjadi pengontrol arah kendaraan.

Erwin Chandra, Senior Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan, bahwa salah satu masalah ban yang sering dialami para pemilik kendaraan adalah ban motor bocor halus. Kondisi ini bisa terjadi karena berbagai macam faktor yang mempengaruhinya, mulai dari faktor internal kendaraan hingga faktor eksternal seperti halnya kondisi permukaan medan jalan yang dilalui.

Menurut Erwin, karena kebocoran yang terjadi di permukaan ban cukup kecil atau bahkan tidak terlihat membuat banyak pengendara tak menyadarinya, dan pengendara biasanya baru sadar ketika ban motor yang dikendarainya semakin mengempis atau bahkan kehabisan tekanan angin di tengah jalan. Karenanya sangat disarankan agar para pengendara membekali diri dengan pengetahuan terkait penyebab ban motor bocor halus.

Faktor pertama yang dapat menyebabkan ban motor bocor halus adalah kondisi dari komponen ban itu sendiri. Ban yang sudah berusia tua atau sudah cukup lama digunakan untuk mengarungi jalan tentu akan lebih mudah mengalami bocor halus karena permukaannya yang sudah mulai menipis akibat gesekan dengan aspal.

Baca Juga:   Pasangan Suami Isteri Apresiasi Personil Lantas Polres Labuhanbatu

Penyebab kedua, sering melewati jalanan yang tidak rata atau berkerikil tajam juga bisa menjadi salah satu faktor terjadinya bocor halus. Terlebih jika melewati jalanan tersebut dengan kecepatan yang cukup tinggi sehingga resiko kebocoran pada ban akan jauh lebih besar.

Ketiga, velg merupakan salah satu komponen yang sangat dekat kaitannya dengan ban.Kondisi velg yang bengkok atau penyok juga sering menjadi salah satu alasan terjadinya ban motor bocor halus. Ini biasa terjadi karena bagian velg yang penyok tersebut memicu timbulnya rongga atau ruang kosong yang seharusnya terhubung dengan ban dengan rapat.

Penyebab keempat, seringkali para pemilik kendaraan tidak menyadari masalah yang ditimbulkan pentil yang kendor dan tidak kokoh akan berpengaruh siginifikan pada kondisi ban. Karena jika sudah demikian, solusi utama yang harus dilakukan adalah dengan membawa motor ke bengkel AHASS terdekat untuk ditangani oleh ahlinya.

Kelima, jika ban motor yang digunakan sudah pernah mengalami bocor sebelumnya atau memiliki riwayat bekas tambalan, maka kondisi tersebut juga dapat memicu terjadinya bocor halus

Erwin Chandra menambahkan, keselamatan menjadi hal utama yang harus dilindungi para pengendara. Pihaknya berharap informasi ini dapat membantu untuk mengantisipasi resiko terjadinya bocor halus pada kendaraan kebanggaan.Para pecinta Honda juga dapat mempercayakan pemeriksaan dan penyetelan tekanan ban secara rutin sesuai standar di bengkel resmi AHASS bersama para ahlinya.(bdh/mc)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,912FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles