25.6 C
Medan
Monday, 20 May 2024
spot_imgspot_imgspot_img

Ngecas di Motor, Pastikan HP Dalam Kondisi Mati

Medancyber.com – Saat ini, ponsel dan motor sudah jadi kebutuhan penting untuk menunjang aktivitas sehari-hari, baik untuk aktivitas pendidikan, pekerjaan hingga sosial. Karenanya, tidak heran jika motor kekinian sudah banyak dilengkapi dengan fitur canggih untuk mengisi daya ponsel kesayangan. Di mana keberadaan power oulet atau sumber tenaga listrik menjadi sangat diperlukan untuk mengisi daya baterai ponsel agar tetap bisa digunakan.

Erwin Chandra, Senior Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan, bahwa keberadaan power outlet pada sepeda motor pun menjadi perlu, supaya pengendara sepeda motor tetap bisa melakukan pengisian daya baterai ponsel meski saat beraktivitas menggunakan sepeda motornya.

Menjawab kebutuhan tersebut, brand berlambang sayap mengepak Honda mengaplikasikan fitur power oulet pada beberapa model sepeda motornya untuk memberikan kemudahan konsumennya. Ada yang bentuknya socket aksesori atau biasa dikenal dengan nama lain socket lighter dan banyak juga yang bentuknya sudah socket USB khususnya tipe – tipe keluaran baru.

Menurut Erwin, output pengisian daya HP di motor tidak akan berpengaruh terhadap usia akumulator atau aki, selama pada saat pengecasan mesin motor tetap dinyalakan. Berbeda jika melakukan cas HP, saat mesin motornya dalam posisi mati, karena penggunaan arus diambil dari arus aki. Meskipun tidak begitu berpengaruh sepenuhnya terhadap aki, ada baiknya tidak membiasakan mengisi daya baterai ponsel menggunakan output daya yang tersedia di motor.

Hal tersebut dikarenakan daya yang dikeluarkan aki sering tidak stabil, dan ini bisa berpengaruh terhadap daya tahan baterai pada ponsel.Jika output listrik yang dikeluarkan motor sesuai dengan spesifikasi daya ponsel, maka hal tersebut tidak menjadi masalah. Namun sebaiknya menggunakan pengisian daya di motor, dengan menggunakan perangkat kabel yang berkualitas guna menghindari terjadinya permasalahan seperti meleleh atau bahkan korsleting.

Baca Juga:   Soal Penggusuran Karyawan Bioskop Ria Berastagi, Pemuda Merga Silima: Bayar Dulu Gaji dan Pesangon Karyawan

Selain itu, pastikan juga saat melakukan pengisian baterai, kondisi ponsel dalam keadaan mati. Karena pengisian daya dengan kondisi ponsel menyala dapat mengakibatkan panas berlebih pada ponsel. Dan pastikan mesin motor dalam kondisi menyala untuk menghindari aki tekor.

Erwin menambahkan, bahwa dengan melakukan cara yang benar saat melakukan mengisi baterai ponsel di sepeda motor, selain aman tentunya ponsel dan sepeda motor jadi lebih awet. Jangan lupa untuk selalu melakukan pemeriksaan dan perawatan berkala secara rutin di bengkel AHASS terdekat agar seluruh fitur dan komponen motor kebanggaan tetap prima saat mengaspal di jalan.(A

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,912FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles