25.6 C
Medan
Monday, 20 May 2024
spot_imgspot_imgspot_img

Dukung Penghematan, Ini Cara Berkendara irit BBM

Medancyber.com – Hemat tidaknya penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) ternyata sangat dipengaruhi oleh cara berkendara para pengguna roda dua. Namun pada kenyataannya, kurangnya pengetahuan dan pemahaman si pengendara seringkali malah menyebabkan pemborosan yang tentunya sangat merugikan.

Sofiyan Hazri, Instruktur Safety Riding PT Indako Trading Coy selaku main delaer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan, saat berkendara tentunya tidak hanya keselamatan yang harus dilindungi, namun penghematan konsumsi bahan bakar juga menjadi hal penting lainnya yang harus diperjuangkan.

Instruktur terlatih Honda ini juga mengungkapkan, sebenarnya ada beberapa gaya dan cara mengendarai motor yang dapat mendukung penghematan konsumsi bahan bakar. Pertama, pengendara dapat menghindari jalan yang padat dengan mengatur rute perjalanan dengan memanfaatkan map sebelum melakukan perjalanan.

Cara yang kedua, hindari melakukan akselerasi berlebihan yang dapat mengakibatkan konsumsi BBM ikut melonjak. Akan lebih baik jika melakukan akselerasi secara perlahan saja. Ketiga, pengendara harus memiliki kemampuan mengatur kecepatan motor secara konstan untuk membantu menghemat konsumsi BBM motor ksayangannya.

Sementara itu cara keempat, pengendara harus menghindari melakukan pengereman secara mendadak dengan cara mengatur jarak dengan pengendara lain yaitu 3 sampai 4 detik. Kelima, hindari membawa beban melebihi batasan daya angkut yang akan menyebabkan motor bekerja lebih keras sehingga konsumsi BBM membengkak.

Strategi jitu yang keenam adalah dengan melakukan pengecekan tekanan ban pada saat akan berkendara, karena ban juga dapat mempengaruhi penggunaan BBM. Ketujuh, hindari memasang asesori motor yang bisa menggangu aerodinamis, karena bisa menahan laju angin yang dapat membuat motor bekerja ekstra keras.

Sofiyan Hazri juga menambahkan, penghematan merupakan hal yang sangat penting dilakukan, karenanya jangan lalai untuk konsisten melakukan tujuh cara berkendara tersebut agar irit konsumsi BBM, dan lakukan perawatan berkala di bengkel resmi AHASS guna menjaga performa motor selalu prima untuk #cari_aman di jalan.(bdh/mc)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,912FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles