25.6 C
Medan
Monday, 20 May 2024
spot_imgspot_imgspot_img

Jarang Digunakan, Ini Tips Rawat Motor Tetap Prima

Medancyber.com – Mungkin sebagian orang beranggapan, bahwa jika motor jarang digunakan maka kondisinya akan selalu baik dan prima. Namun ternyata tidak demikian, meskipun tidak terpakai, namun sepeda motor tetap perlu dalam pantauan dan perawatan yang tepat dengan memperhatikan beberapa hal agar kondisi motor tetap prima.

Erwin Chandra, Senior Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan,bahwa pengguna motor sangat perlu untuk memiliki kepedulian lebih pada motor kesayangannya, bahkan saat motor banyak berdiam di rumah atau jarang digunakan

Menurut Erwin, setiap pemilik kendaraan wajib mempersiapkan dan memperhatikan beberapa hal penting agar kondisi kendaraan tetap dalam keadaan prima ketika jarang digunakan. Pertama, usahakan menggunakan standar 2 untuk menjaga keawetan ban dan menjaga bentuk ban agar tetap sempurna, serta untuk menjaga kestabilan shock yang cenderung terbebani di sebelah kiri.

Cara kedua, motor harus tetap terisi bahan bakar secukupnya untuk menghindari bensin tertalu lama mengendap di tangki karena akan mengurangi kualitas bahan bakar. Ketiga, sangat disarankan agar pengguna motor untuk melepas terminal negative (kabel warna hijau) pada batterai/accu.

Selanjutnya yang keempat, khusus untuk motor dengan teknologi smart key system pastikan smart key/remote dalam keadaan non aktif. Hal ini bertujuan untuk agar unit tetap aman dari pencurian (ranmor), dan sinyal dari remote tidak akan terus memancar sehingga akan menghemat baterai remote.

Tips kelima, pastikan tempat penyimpanan di dalam ruangan atau tidak langsung terpapar sinar matahari maupun air hujan agar cat cover dan kaca speedo tidak retak dan kusam. Keenam, Pastikan juga tempat aman dari serangga dan tikus, karena motor yang tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama bisa menjadi sarang, bahkan sering terjadi kabel electrical pada motor di gigit tikus yang mengakibatkan short/ korslet.

Baca Juga:   Wahyu Sabrudin Resmi Dilantik Jadi Kajari Medan¬†

Erwin Chandra menambahkan, motor yang jarang digunakan tetap membutuhkan perawatan untuk memastikan kondisinya tetap prima. Akan lebih baik lagi jika mempercayakan pengecekan dan perawatan motor kesayangan di bengkel resmi AHASS yang didukung dengan layanan servis berkualitas dari ahlinya.(bdh/mc)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,912FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles