25.6 C
Medan
Monday, 20 May 2024
spot_imgspot_imgspot_img

Peduli Palestina, MUI Sumbang Rp 9,3 Miliar

Medancyber.com – Majelis Umum Indonesia (MUI) menyumbang Rp 9,3 miliar sebagai bantuan untuk masyarakat Gaza, Palestina, yang terus digempur oleh pasukan Israel. Bantuan itu diberikan MUI melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Bantuan ini diserahkan langsung oleh Ketua Umum MUI, KH. Muhammad Anwar Iskandar, kepada Ketua Baznas, Noor Achmad, dalam acara halalbihalal yang digelar pada Selasa (7/5/2024) siang di Hotel Grand Sahid, Jakarta. Adapun sumbangan ini merupakan yang kedua dari MUI untuk warga Palestina.

“Tadi juga ada penyerahan bantuan dari Majelis Ulama kepada Baznas, Badan Amir Zakat Nasional, dan untuk sumbangan masyarakat Palestina di Gaza. Dan itu sudah yang ke berapa ya? Sudah yang kedua,” kata Anwar kepada wartawan usai acara.

Anwar menjelaskan sebelumnya MUI sempat mengirimkan bantuan pertamanya kepada Palestina sebanyak Rp 26 miliar. Bantuan tersebut telah disalurkan kepada masyarakat Gaza oleh Kementerian Pertahanan.

“Yang kemarin juga sudah disampaikan ke masyarakat Gaza diangkut kerjasama dengan Kementerian Pertahanan karena menggunakan pesawat Hercules, sudah sampai ke sana. Itu saja yang terjadi dalam acara hari ini,” ungkap Anwar.

Dalam acara yang sama, MUI melakukan tanda tangan kerja sama dengan lembaga pemerintah, di antaranya Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). Ketiga kerja sama itu mengarah kepada pemberdayaan ekonomi umat dan ekonomi syariah.

Acara halalbihalal ini dihadiri oleh sejumlah tokoh, di antaranya Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin dan Ketua Umum MUI KH Anwar Iskandar. Acara ini mengangkat tema ‘Menguatkan Solidaritas Umat demi Kemajuan Bangsa’.

Hadir pula mendampingi Wakil Presiden ke-6 RI Try Sutrisno, Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla, hingga Menko Polhukam Hadi Tjahjanto. Kemudian ada hadir juga Waketum MUI Marsyudi Suhud, Ketua MUI Cholil Nafis, beserta jajaran pimpinan MUI yang lain. (det/mc)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,912FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles