25.6 C
Medan
Monday, 20 May 2024
spot_imgspot_imgspot_img

Ribuan Rumah di OKU Terendam Banjir, Ratusan Warga Mengungsi

Medancyber.com – Hujan deras di Ogan Komering Ulu (OKU) membuat sejumlah wilayah kebanjiran. Setidaknya ada 2 kecamatan yang terendam. Banjir susulan berpotensi terjadi karena debit sungai terus naik.

“Ada 2 kecamatan (16 kelurahan) di OKU yang terdampak banjir. Sebanyak 1.695 rumah terendam banjir dari data sementara. Ribuan warga terdampak, ratusan warga mengungsi akibat banjir ini,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Sumsel, M Iqbal Alisyahbana, Selasa (7/5/2024).

Ia merinci di Kecamatan Baturaja Barat terdapat 10 kelurahan/desa yang terendam. Di Tanjung Agung sebanyak 25 rumah dan 20 warga mengungsi, Kelurahan Talang Jawa 20 rumah, Air Gading 20 rumah dan 1 tempat ibadah, Tanjung Karang 10 rumah dan 2 orang mengungsi, dan Karang Agung 200 rumah dan 50 KK mengungsi.

“Satu jembatan gantung putus di Karang Agung dan lahan perkebunan dan pertanian 10 hektare,” kata Iqbal.

Kemudian di Batu Kuning 250 rumah terendam, 50 KK mengungsi, dan 1 tempat ibadah terendam. Di Laya ada 300 rumah, dan 50 KK mengungsi dan 1 rumah ibadah. Di Karang Endah 20 rumah, Batu Putih 20 rumah, Pusar 100 rumah, Saung Naga 50 rumah, dan 15 KK mengungsi.

Di Kecamatan Baturaja Timur, di Desa Sekar Jaya ada 100 rumah terdampak dan 10 warga mengungsi. Baturaja Permai 300 rumah dan 100 KK, Baturaja Lama 200 rumah dan 50 warga mengungsi, Kemala Raja 30 rumah, Sukaraja 20 rumah, dan di Air Pauh 30 rumah.

“Jika hujan masih mengguyur, potensi debit sungai akan naik maka banjir susulan bisa terjadi dan kian meluas,” ungkapnya.

Saat ini, personel BPBD OKU sudah berada di lokasi banjir untuk penanganan warga terdampak. Pihaknya juga tengah menyiapkan bantuan dari Pj Gubernur Sumsel untuk meringankan beban warga terdampak.

Baca Juga:   Fraksi PKS DPRD Medan Minta Pemko Tingkatkan Pengawasan Makanan Halal Non Halal di Supermarket

Kepala Bidang Kedaruratan BPBD OKU, Mulyadi menambahkan, hujan yang terjadi Senin (6/5) malam membuat sebagian besar wilayah Kecamatan Baturaja Timur dan Baturaja Barat terdampak banjir.

“Sekarang sudah mulai masuk ke Kecamatan Lubuk Batang,” ujarnya.

Saat ini, tim BPBD OKU melakukan evakuasi warga yang masih terdampak dengan perahu. Sebagian daerah sudah surut.

“RS Sriwijaya berangsur surut,” tambahnya.

Akibat banjir ini, katanya, jembatan gantung di Pusar terputus. Akses warga di wilayah tersebut terganggu. Saat ini pihaknya masih terus mendata jumlah warga yang terdampak banjir.(det/mc)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,912FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles