25.6 C
Medan
Monday, 20 May 2024
spot_imgspot_imgspot_img

Bansos Beras 10 Kg Berpeluang Lanjut Hingga Desember

Medancyber.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka peluang penyaluran bantuan sosial (bansos) beras 10 kilogram (kg) dilanjutkan hingga Desember 2024. Bansos pangan ini disalurkan kepada 22 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

Awalnya, bansos beras 10 kg mulai diberikan pada akhir 2023 hingga Maret 2024, lalu diperpanjang lagi hingga Juni 2024.

Menurut Jokowi, kemungkinan bisa diperpanjang hingga Desember 2024 apabila keuangan negara memungkinkan.

“Jadi yang 10 kilo ini akan diteruskan sampai Juni (2024). Akan kita lihat kalau nanti APBN itu ada ruang anggarannya akan diteruskan sampai Desember. Kita berdoa bersama-sama ya supaya bisa terus sampai Desember,” ujar Jokowi saat memberikan bantuan pangan di Komplek Laende, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, Senin (13/5).

Jokowi mengatakan, alasan ingin memberikan bantuan beras 10 kg hingga akhir tahun karena harga makanan pokok masyarakat Indonesia ini terus naik, lalu diikuti juga komoditas pangan lainnya.

“Jadi kenapa beras 10 kilogram ini diberikan kepada bapak ibu sekalian? karena ada kenaikan harga beras, karena harga pangan internasional itu semuanya naik,” jelasnya.

Namun, ia menekankan kenaikan harga beras serta bahan pangan lainnya di Indonesia tak setinggi negara lain. Sehingga ia berharap masyarakat tetap bersyukur, apalagi ada bantuan dari pemerintah.

“Kita ini termasuk masih rendah, ada yang naik tinggi sekali. Ini patut kita syukuri bahwa kita naiknya tidak drastis. Ada yang 50 persen, ada yang dua kalinya. Jadi di Indonesia beras masih bisa kita kendalikan,” pungkasnya.(cnni/js)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,912FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles