29 C
Medan
Monday, 17 June 2024
spot_imgspot_imgspot_img

Didukung Teknologi Canggih, RSUP Haji Adam Malik Mulai Operasional Kamar Operasi MOT

Medancyber.com – Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik (HAM) memulai operasional kamar operasi MOT (Modular Operating Theatre) untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Kamar operasi baru ini didukung dengan sejumlah teknologi canggih yang mengadaptasi kebutuhan layanan medis terkini, dengan kapasitas sebanyak lima kamar operasi.

Direktur Utama RS Adam Malik dr Zainal Safri MKed(PD) SpPD-KKV SpJP(K) mengatakan, operasional kamar operasi MOT ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas tindakan operasi di rumah sakit vertikal Kementerian Kesehatan RI ini.

“Utilitas dari kamar MOT ini harus cukup, setidaknya tiga kali operasi per hari setiap kamar operasi. Dengan begitu, bisa meningkatkan jumlah operasi yang bisa kita layani setiap hari,” ucap dr Zainal dalam kata sambutannya pada acara soft opening Kamar Operasi MOT di Gedung Instalasi Gawat Darurat (IGD) RS Adam Malik pada Selasa (21/5/2024).

Turut hadir, Direktur Medik dan Keperawatan dr Otman Siregar SpOT(K), Direktur Perencanaan, Keuangan dan Layanan Operasional Drs Sudarto MM, Kepala Instalasi Gawat Darurat Dr dr Kamal Basri Siregar MKed(Surg) SpB(K)Onk FICS, Kepala Instalasi Bedah Sentral dr Kharisma Prasetya Adhyatma SpU, dan jajaran manajemen RS Adam Malik.

Kamar operasi MOT ini dirancang dengan pendekatan modular yang memungkinkan fleksibilitas tinggi dalam pengaturan dan konfigurasi kamar operasi sesuai kebutuhan medis.

Setiap kamar operasi didukung dengan sistem terintegrasi yang dilengkapi teknologi canggih. Di antaranya, pintu hermetic otomatis dan kedap udara, sistem tata udara dengan hepafilter yang dapat membersihkan udara, serta peralatan medis lengkap sesuai standar terkini.

Sebelumnya, RSUP Haji Adam Malik hanya memiliki 15 kamar operasi dengan perkiraan utilitas 1,8 operasi per hari setiap kamar.

Baca Juga:   HKBP Medan Aceh Gelar Rapat Persiapan Seminar Semi Virtual

Sebanyak 15 kamar operasi tersebut tersebar di beberapa gedung, yaitu, 9 kamar operasi di Instalasi Bedah Sentral Gedung Medical Center Unit (MCU), 4 kamar operasi di ruang Kamar Bedah Emergency IGD, dan 2 kamar operasi jantung di Gedung Pusat Jantung Terpadu (PJT). (muh/mc)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,912FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles