29 C
Medan
Monday, 17 June 2024
spot_imgspot_imgspot_img

Dugaan Korupsi PT PGN, KPK Geledah 4 Perusahaan dan 3 Rumah

Medancyber.com – Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melaksanakan penggeledahan di beberapa lokasi di DKI Jakarta, Tangerang Selatan dan Kota Bekasi pada 28-29 Mei 2024 dan Kabupaten Gresik, Jawa Timur pada 31 Mei 2024 untuk mencari bukti terkait kasus dugaan korupsi di PT Perusahaan Gas Negara (PGN).

Penggeledahan tersebut dilakukan terhadap empat perusahaan dan tiga rumah pribadi para pihak terkait perkara. Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri tidak mengungkapkan detail perusahaan dan rumah dimaksud.

“Hasil yang diperoleh dokumen terkait transaksi jual beli gas, dokumen kontrak dan mutasi rekening bank. Segera disita sebagai barang bukti dalam perkara dimaksud,” ujar Ali melalui keterangan tertulis, Selasa (4/6).

Berdasarkan sumber CNNIndonesia.com yang mengetahui penanganan kasus ini, sejumlah lokasi yang digeledah yaitu Kantor Pusat PT IAE di Jakarta; Kantor Pusat PT Isargas di Jakarta; Kantor Pusat PT PGN di Jakarta; Rumah pribadi tersangka DP di Tangerang Selatan dan Pasar Minggu, Jakarta Selatan; Rumah pribadi tersangka II di Kota Bekasi; dan Kantor Cabang PT IAE di Gresik, Jawa Timur.

Dalam proses penyidikan berjalan, KPK telah mencegah dua orang untuk bepergian ke luar negeri selama enam bulan. Keduanya atas nama Danny Praditya (Direktur Komersial PT PGN) dan Iswan Ibrahim (Direktur Utama PT Isargas).

Pencegahan tersebut merupakan pengajuan pertama dan dapat diperpanjang kembali satu kali sesuai dengan kebutuhan penyidikan.

“Mengingatkan kepada para pihak, setidaknya dua orang ini, untuk kooperatif hadir ketika nanti dipanggil oleh tim penyidik KPK dalam rangka untuk pemeriksaan,” ucap Ali beberapa waktu lalu.

Perkara yang diusut ini menindaklanjuti hasil audit dengan tujuan tertentu yang dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).(cnni/js)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,912FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles