24.6 C
Medan
Saturday, 22 June 2024
spot_imgspot_imgspot_img

Tim Hisab Rukyat Sumut Gelar Rukyatul Hilal Awal Dzulhijjah 1445 H

Medancyber.com – Tim Hisab Rukyat Provinsi Sumatera Utara menggelar Rukyatul Hilal Penetapan Awal Dzulhijjah 1445H/2024M di Anjungan Lantai IX Kantor Gubernur Sumatera Utara, Jumat sore (7/6/2024).

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara H. Ahmad Qosbi, S.Ag, MM diwakili Kepala Bagian Tata Usaha Drs. H. Muhammad Yunus, MA melaporkan bahwa pelaksanaan Rukyatul Hilal dilakukan serentak di seluruh Indonesia. Hasil dari pengamatan yang dilakukan akan menjadi acuan pada Sidang Isbat yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama RI di Jakarta.

“Pelaksanaan Rukyatul Hilal sebagai acuan dasar dalam menetapkan tanggal 10 Dzulhijjah yang bertepatan sebagai hari Raya Idul Adha tahun 1445H/2024M dan dilaksanakan di seluruh Indonesia,” ucap Kabag didampingi Kepala Bidang Urusan Agama Islam Drs. H. Muslim, MM.

Kabag TU berterima kasih kepada seluruh pihak yang mensukseskan gelaran Rukyatul Hilal. Adapun tinggi hilal sudah mencapai 10 derajat lebih di atas ufuk Mar’i.

“Kegiatan Rukyatul Hilal diparakarsai oleh Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara melalui Tim Hisab Rukyat Provinsi Sumatera Utara bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Balai Besar Wilayah I Medan dan Majelis Ulama Indonesia Provinsi Sumatera Utara,” ucapnya.

Dengan adanya hasil tersebut, Kabag TU mengatakan kemungkinan besar hasil tersebut sudah memenuhi persyaratan kriteria baru MABIMS.

Adapun titik Lokasi pengamatan berada di Anjungan Lantai IX Kantor Gubernur Sumut, Pantai Binasi Sorkam Barat Kab. Tapanuli Tengah dan di Rooftop Observatorium Ilmu Falak (OIF) UMSU Medan.

Pj Gubernur Sumatera Utara diwakili Plt. Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Provinsi Sumatera Utara Muhammad Armand Effendy Pohan mengungkapkan bulan Dzulhijjah mempunyai dua peristiwa penting untuk Umat Islam yakni Hari Raya Kurban dan Juga Ibadah Haji. Maka dari itu, ia mengungkapkan penetapan awal Dzulhijjah sangat penting bagi umat Islam.

Baca Juga:   Bandingkan Suara Adzan dengan Gonggongan Anjing, MUI Medan Desak Menteri Agama Meminta Maaf

“Sumatera Utara telah memberangkatkan 8000 orang jemaah. Untuk itu mari kita doakan agar seluruh masyarakat Sumatera Utara dapat menunaikan haji dan menjadi haji yang mabrur dan pulang ke tanah air dengan sehat walafiat,” ucapnya.(js/mc)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,912FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles