29 C
Medan
Monday, 15 July 2024
spot_imgspot_imgspot_img

Dukung #cari_aman di Jalan, Pahami Fungsi Penting Lampu Sein

Medancyber.com – Sebagai salah satu komponen yang mendukung terciptanya keselamatan berkendara, Lampu sein yang berposisi di bagian depan dan belakang motor menjadi sangat penting berkat perannya sebagai alat komunikasi dengan sesama pengendara dan pengguna jalan lainnya.

Sofiyan Hazri, Instruktur Safety Riding PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan, bahwa fungsi lampu sein secara detalnya adalah sebagai media informasi kepada pengendara lain jika ingin merubah arah, sebagai tanda untuk mendahului kendaraan yang berada di posisi depan, dan sebagai tanda jika ingin menepi ke pinggir jalan agar terhindar dari kecelakaan di jalan, dan berbagai fungsi penting lainnya.

Menurut Sofiyan, meski terkesan simpel, namun sejumlah fungsi tersebut sangat penting untuk mendukung #cari_aman di jalan. Tidak hanya dari sisi pengendara, lampu sein yang menyala juga dapat membantu pengguna jalan lain untuk memperhitungkan pergerakan dan mengantisipasi langkah yang akan diambil.

Baca Juga:  Optimalisasi Kompeten dan Profesional Dalam Tugas, Dansat Brimob Polda Sumut Buka Seminar Bomb Technician Working Group

Pada setiap motor terdapat 2 lampu sein, yakni lampu sein kanan dan kiri. Di mana letak lampu ini juga ada 2 posisi, diantaranya di bagian depan yang biasanya terletak di samping lampu utama atau ada juga yang terpisah dan letaknya di bagian body motor paling depan. Dan satu lagi di body belakang yang biasanya letaknya menyatu atau terpisah dengan lampu rem.

Instruktur safety riding Honda ini juga mengungkapkan, bahwa dari kedua lampu sein ternyata memiliki masing-masing fungsi. Di mana lampu sein kanan berfungsi untuk memberikan isyarat kepada kendaraan di depan maupun dibelakang jika sepeda motor yang kita kendarai akan mendahului kendaraan yang berada di depan, untuk berbelok , menyeberang maupun berpindah posisi.

Baca Juga:  Bakamla Tangkap Kapal Ikan Berbendera Vietnam di Laut Natuna Utara

Namun, Ketika hendak menyalip dari sebelah kanan, nyalakan lampu sein kanan 3 detik agar kendaraan di depan memberikan ruang aman. Selanjutkan pada kondisi macet, lampu sein kanan memberikan isyarat pada kendaraan di belakang untuk tidak menyalip karena berpotensi bahaya.

Sedangkan lampu sein kiri berfungsi memberikan tanda untuk berpindah jalur ke pinggir jalan jika ingin menghentikan kendaraan dengan cara wajib menyalakan lampu sein kiri. Lampu sein juga berfungsi sebagai sarana berkomunikasi dengan kendaraan sekitar ketika akan berbelok atau berpindah posisi.

Sofiyan Hazri mengungkapkan, untuk #cari_aman saat naik motor di jalan, pengendara harus bisa memanfaatkan dengan tepat setiap komponen pendukung terciptanya keselamatan, salah satunya lampu sein. Menurutnya lampu sein merupakan komponen penting untuk berkomunikasi dengan pengendara motor lainnya di jalan sehingga keamanan dan ketertiban di jalan dapat tercipta.(ril/bdh)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,912FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles