32 C
Medan
Friday, 26 April 2024
spot_imgspot_imgspot_img

Lagi, Bobby Copot Pejabat Bermasalah

Medancyber.com – Medan

Wali Kota Medan Bobby Nasution mencopot sementara Muhammad Yasir Rizka dari jabatan Camat Medan Maimun. Hal ini menambah panjang daftar pejabat bermasalah di Medan yang dicopot Bobby.

Sejak menjabat pada Februari 2021, setidaknya ada lima pejabat di Medan yang dicopot Bobby. Mereka yang dicopot punya posisi kepala lingkungan hingga kepala dinas. Bobby memang menyebut reformasi birokrasi di Medan menjadi salah satu agendanya. Dia pernah mengatakan bakal mengganti bawahannya yang tak bisa mengikuti ritme kerjanya.

“Kita tekankan kepada semua OPD sudah kita informasikan bagaimana sistem kerja kita ke depan, kalau tidak bisa bertahan di situ, kita cari orang yang lain,” ujar Bobby, Selasa (23/3/2021).

Berikut ini daftar jabatan yang pejabatnya dicopot Bobby:

  1. Kepala Dinas Kesehatan Medan
    Bobby mencopot Edwin dari jabatan Kepala Dinas Kesehatan Medan. Alasannya, Edwin dinilai lambat mengatasi persoalan Corona di Medan.

“Ya (dicopot). Ini kan sudah selalu kita ingatkan. Masalah COVID-19 sudah saya sampaikan berkali-kali. Masalah COVID-19 ini penyelesaiannya adalah program utama kita juga,” kata Bobby Nasution setelah melakukan sidak di Medan, Jumat (23/4/2021).

Pencopotan ini sempat dikritik anggota DPR RI Romo Muhammad Syafi’i. Dia menyebut Bobby berbohong soal alasan mencopot Edwin. Bobby membalas serangan Romo Syafi’i. Dia menyebut Romo Syafi’i membela Edwin karena punya hubungan keluarga, yakni sebagai besan.

  1. Lurah Sidorame Timur
    Bobby melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke kantor Kelurahan Sidorame Timur, Kecamatan Medan Perjuangan. Bobby langsung mencopot lurah setempat lantaran diduga melakukan pungutan liar (pungli) terhadap warga.

Sidak dilakukan Bobby pada Jumat (23/4/2021). Bobby Nasution datang bersama rombongannya ke Kelurahan Sidorame Timur setelah ada laporan warga soal pungutan liar (pungli) yang dilakukan oleh oknum kelurahan setempat.

Baca Juga:   Rahudman Minta Masjid Amal Silaturahmi Tetap Dipertahankan

Bobby masuk dan menjumpai Lurah Hermanto serta Kasi Pembangunan Dina Simanjuntak. Bobby bertanya-tanya soal laporan warga itu kepada lurah. Namun Hermanto mengaku tak ada pungli. Bobby yang geram kemudian menunjukkan bukti yang didapatnya. Hermanto sempat berkelit. Akhirnya, dia mengaku menerima uang dari warga. Bobby pun mencopot Hermanto dari jabatan lurah. Kasi Pembangunan di kelurahan itu juga dicopot.

  1. Kepling
    Kepling yang dipecat itu adalah Kepala Lingkungan XVII Harjosari II. Dia menyebut kepling itu sudah banyak berkasus dengan warga.

“Kepala lingkungan ini kasusnya banyak sekali di Lingkungan XVII, Kelurahan Harjosari II, ini. Semuanya ada 3 yang di sini melapor kepada saya. Sudah sampai di atas Rp 2,5 juta itu yang sudah diambil keplingnya,” sebut Bobby saat sidak ke Kelurahan Harjosari II, Medan Amplas, Selasa (18/5/2021).

  1. Camat Medan Maimun
    Terbaru, Bobby memberhentikan sementara Yasir Rizka dari jabatan Camat Medan Maimun. Bobby menyebut Yasir sedang diperiksa Inspektorat terkait dugaan penyalahgunaan wewenang.

“Sementara saja dicopotnya, karena memang lagi ada kebutuhan dari inspektorat untuk melakukan sesuatu perihal. Ini kita berhentikan tugasnya sementara,” kata Bobby di Balai Kota Medan, Senin (5/7/2021).

“Itu nanti inspektorat yang menjawab, bukan saya yang periksa,” ucap Bobby.

Namun Bobby tidak menjelaskan secara rinci alasan pemberhentian sementara Yasir. Saat ditanya soal dugaan pungutan liar (pungli), Bobby meminta dikonfirmasi langsung ke Inspektorat Pemko Medan.(dtc/japs)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,912FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles