30.6 C
Medan
Sunday, 25 February 2024
spot_imgspot_imgspot_img

Empat Tips Berhemat BBM dengan ECO Riding

Medancyber.com – Seiring besarnya biaya kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) serta meningkatnya kebutuhan hidup sehari-hari, maka pengendara sepeda motor dituntut untuk bisa melakukan penghematan dalam penggunaan BBM saat menjalani aktivitas harian.

Teknik berkendara Eco Riding disebut sebagai salah satu solusi yang akan membantu upaya pengendara sepeda motor dalam melakukan penghematan bahan bakar. Dimana dalam penerapannya, banyak manfaat yang didapat oleh pengendara sepeda motor. Karena selain mampu menekan angka konsumsi bahan bakar, juga berpengaruh pada pelestarian lingkungan hidup.

Erwin Chandra, Senior Instruktor Technical Service PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan, bahwa Eco Riding merupakan cara berkendara yang bertujuan untuk mengoptimalkan konsumsi bahan bakar secara efisien. Penerapan teknik Eco Riding juga berkontribusi pada pengurangan emisi gas buang (CO2) dimana selama ini kendaraan bermotor jadi salah satu penyumbang emisi karbon terbesar.

Erwin Chandra juga menambahkan, bahwa teknik ini menjadi menarik karena menggabungkan aspek keahlian berkendara yang wajib dikuasai oleh pengendara sepeda motor yaitu Defensive Riding yang bertujuan untuk menyelamatkan nyawa, waktu dan uang, serta Safety Riding yang mengutamakan teknik berkendara aman dan selalu wasapada terhadap segala kemungkinan yang dapat terjadi di jalan.

Ada sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk berhemat BBM dengan Eco Riding. Pertama, putarlah slongsong gas secara perlahan saat akan memulai perjalanan, jaga putaran mesin pada rpm optimal, bekendaralah dengan kecepatan konstan, dan jaga jarak aman dengan pengendara di depan untuk menghindari terjadinya pengereman mendadak atau tabrakan.

Cara yang kedua, dengan melakukan servis dan mengganti oli mesin sepeda motor secara rutin, akan membuat kondisi sepeda motor tetap prima dan performa mesin tetap terjaga. Hal ini akan membuat kinerja mesin lebih optimal dan proses pembakaran BBM jadi lebih sempurna. Selanjutnya yang ketiga, jika mengganti komponen tanpa menghiraukan batas toleransi, seperti mengganti ukuran ban lebih besar atau mengganti knalpot, maka akan memperberat kerja mesin, sehingga semakin banyak konsumsi BBM yang dibutuhkan.

Baca Juga:   Tingkatkan Kompetensi Pejabat, BPSDM Provinsi Sumut Bawa Peserta PKA Stula ke Bali

Keempat, untuk sepeda motor Honda seperti Scoopy series, BeAt series & Vario series sudah dilengkapi fitur Eco Riding berupa Eco Indikator di panel meter sehingga pengendara bisa melihat indikator tersebut sebagai acuan hemat bahan bakar dalam berkendara.

Erwin Chandra mengungkapkan, selain berupaya melakukan pengematan BBM melalui Eco Riding, maka #cari_aman saat berkendara juga sangat dibutuhkan untuk melindungi keselamatan. Karenanya jangan lupa untuk selalu mengutamakan keselamatan berkendara dengan menggunakan helm dan jaket, mematuhi peraturan lalu lintas, dan menjaga etika berkendara yang santun di jalan.(ril/bdh)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,912FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles