September 27, 2022

Medan Cyber

Media Cyber Teraktual di Jagad Maya

FWP Sumut Buka Puasa Bersama, Zulkifli Tanjung: Agar Solid dan Bermartabat

Forum Wartawan Poldasu ketika beraudiensi bersama Kabid Humas Polda Sumut di Mapoldas

Medancyber.com – Medan

Forum Wartawan Polda (FWP) Sumut melaksanakan acara buka puasa bersama di Sekretariat FWP Jalan Sempurna, Kelurahan Teladan Barat, Kecamatan Medan Kota, Sabtu (17/4/2021) malam.

Ketua FWP Zulkifli Tanjung mengatakan, acara berbuka puasa oleh wartawan Polda Sumut ini untuk meningkatkan silaturahmi sesama wartawan dari berbagai media cetak maupun online, yang selama ini bertugas dalam lingkup Polda Sumut.

Suasana buka puasa bersama Forum Wartawan Poldasu di Jalan Sempurna Medan

“Kita membuat agenda berbuka puasa bersama untuk meningkatkan kebersamaan antarsesama wartawan. Momen di bulan suci Ramadan ini merupakan langkah awal kita dalam membangun silaturahmi sekaligus tukar pikiran,” ujar Zulkifli Tanjung yang didamping Wakil Ketua FWP Budenk.

Dalam silaturahmi itu, Zulkifli juga mengingatkan seluruh anggota FWP untuk bisa menjaga nama baik wartawan. Soalnya,  wartawan merupakan profesi mulia karena tugasnya memberikan informasi di tengah masyarakat.

“Sebagai Ketua FWP, saya mengapresiasi semangat rekan – rekan seprofesi yang gencar memberitakan sisi positif kinerja Polda Sumut maupun jajarannya. Dorongan pemberitaan dari kalangan wartawan sudah memacu kinerja Polda Sumut sebagai mitra kerja wartawan,” sebut Zulkifli.

Dalam rencana ke depan, sambung Zulkifli, FWP mempunyai agenda dalam meningkatkan hubungan kerjasama dengan Polda Sumut maupun jajarannya. Kerjasama ini menjadi kewajiban agar kemitraan strategis terus berjalan dengan baik.

“Namun sebelum melaksanakan itu, saya berkeinginan agar sesama wartawan dapat saling menghargai serta profuktif menulis sehingga konotasi dan stempel wartawan abal-abal dapat dihilangkan. Karena terkadang dari oknum wartawan yang merasa senior itu juga yang tidak menghargai wartawan yang kurang produktif itu,” kata Zulkifli.

Menurutnya, untuk menghilangkan konotasi wartawan abal-abal itu, oknum wartawan senior juga harus dapat menghilangkan pandangan negatif terhadap wartawan pemula dan mereka yang masih kurang produktif menulis berita. 

“Sebab kalau dibina dan diberi semacam diklat, mereka yang kurang mumpuni menulis, saya yakin mereka bisa menulis. Dan saya siap mengajari mereka disini,” ungkapnya.

Zulkifli yang juga Pemred Metro 24 mengajak semua wartawan FWP Sumut agar turut menjaga nama baik profesi wartawan dilapangan, seperti halnya menolak mengisi list/daftar untuk mendapat uang realis berita karena hal itu dianggap menurunkan martabat wartawan.

“Sudah ngasih lima puluh ribu, teken-teken lagi bahkan mungkin difoto lagi. Jangan ada yang menerima uang konfrensi pers seperti itu. Kalau ada yang yang menolak aturan ini silahkan keluar dari group,” tegasnya. 

Sementara, salah seorang wartawan yang tergabung dalam FWP Sumut Ali Topan mengaku sepakat agar wartawan harus solid dan lebih produktif menulis berita di media masing-masing.

“Lebih baik kita wartawan seperti ilmu padi, diam-diam tapi berisi. Bukan berkoar-koar tanpa tulisan. Tunjukkan aja dengan tulisan kita,” ungkapnya. 

Adapun acara buka puasa puasa ini berjalan lancar bersama seluruh anggota dan sejumlah pengurus yang hadir.

Berbuka bersama itu sekaligus untuk membina silaturahmi sesama anggota dan pengurus FWP. Seluruh anggota FWP Sumut sepakat menjaga keharmonisan dan kesolidan dalam wadah FWP.  (bri/mc)

#fwp #forumwartawanpoldasu #poldasumut #kabishumaspoldasu #medancyber #medan #medantalk #tribunnews #detik #kompas #posmetro #jawapos