30 C
Medan
Tuesday, 16 July 2024
spot_imgspot_imgspot_img

Israel Kembali Menggila, 4 Sekolah di Gaza Digempur, Tewaskan Puluhan Warga Sipil

Medancyber.com – Pasukan Israel menggempur empat bangunan sekolah dalam empat hari dan menewaskan puluhan orang. Dari jumlah ini, tiga di antaranya merupakan fasilitas pendidikan yang dikelola Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Pada Selasa (9/7), Israel menyerang bangunan Sekolah Al Awda di Abassan, dekat Khan Younis. Imbas serangan ini setidaknya 30 orang tewas.

Di hari sebelumnya yakni pada Senin, sejumlah orang terluka gegara gempuran Israel di sekolah yang dioperasikan Badan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) di Nuseirat.

Pada pekan lalu yakni Sabtu, Israel menyerang sekolah yang dioperasikan PBB, Al Jawni. Imbas gempuran ini, 16 orang tewas.

Baca Juga:  Penyanyi Afghanistan Fawad Andarabi Dibunuh Taliban

Sekolah itu menampung sekitar 2.000 warga Palestina saat serangan terjadi.

Pada Minggu, empat orang tewas karena serangan Israel di Sekolah Holy Family di Gaza City.

Patriarkat Latin, yang mengelola sekolah tersebut, mengatakan ratusan orang telah tinggal di halaman sekolah sebelum serangan itu, demikian dikutip Al Jazeera.

Hari ini, Israel juga menyerang bangunan PBB di Gaza. Mereka mengklaim serangan itu untuk menargetkan Hamas yang berlindung di fasilitas sipil.

“[Hamas] beroperasi di dalam markas besar UNRWA di daerah tersebut dan menggunakan sebagai pangkalan melakukan serangan terhadap pasukan IDF [Pasukan Pertahanan Israel,” demikian menurut Israel, dikutip AFP.

Baca Juga:  Pelaku UMKM Kecipratan Rezeki di MTQ ke-56 Kota Medan

UNRWA tak segera memberi komentar soal serangan tersebut.

Badan ini juga menyatakan “tak punya cara untuk memverifikasi” klaim bahwa fasilitas mereka digunakan Hamas.

Serangan intensif Israel di Gaza terjadi saat pembicaraan negosiasi gencatan senjata di Qatar berlangsung.

Negosiasi gencatan senjata berlangsung alot. Biasanya topik yang menjadi perdebatan adalah pertukaran sandera atau tahanan hingga interval gencatan senjata.

Israel melancarkan agresi ke Gaza sejak Oktober 2023. Imbas operasi ini, lebih dari 38.000 orang di Palestina tewas dan ratusan ribu rumah hancur.(cnni/js)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,912FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles