25.6 C
Medan
Saturday, 20 April 2024
spot_imgspot_imgspot_img

PPKM Darurat Diberlakukan di Medan, Salat Idul Adha Ditiadakan

Medancyber.com – Medan

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi, menyampaikan bahwa Kota Medan akan mulai menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Hal ini disampaikan Edy usai mengikuti rapat virtual persoalan PPKM bersama Menteri Perekonomian, Airlangga Hartanto, terkait klasifikasi daerah penyebaran Covid-19.

“Dibicarakan adalah antisipasi yang disampaikan oleh pusat ada yang masuk klasifikasi, itu level 4. Di Sumatera Utara adalah Kota Medan,” kata Edy di aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Jenderal Sudirman, No.41 Medan, Jumat (9/7).

Selanjutnya, Edy menyebutkan, akan melakukan komunikasi dengan daerah-daerah yang ada di sekitar Kota Medan. Dan akan diberlakukan hingga tanggal 20 Juli 2021 mendatang.

“Kita informasikan kepada 5 Kabupaten dan kota tetangganya Kota Medan untuk juga melakukan bersama sama mengingatkan masyarakat untuk tidak melakukan penumpukan di Kota Medan sampai 20 Juli,” jelasnya.

Selain itu, Edy mengungkapkan, dalam rapat itu tersebut ikut dibahas langkah yang akan dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 varian delta. Menurutnya, Salah satu langkah yang akan diambil adalah membuat aturan PPKM Darurat di Kota Medan.

“Untuk mengantisipasi ini, kenapa dia penyebarannya, penularannya Covid-19
varian delta, untuk penyebarannya seribu berbanding satu dengan varian yang Wuhan kemarin. Sehingga kecepatan penularan varian ini agar terhindar seperti di Jawa dan Bali,” ujarnya.

“Untuk itu ada tindakan khusus akan dikeluarkan dari Jakarta untuk dilakukan penyekatan yang disebut PPKM darurat,” tambahnya.

Lebih lanjut, Edy mengatakan, selain penyekatan pemerintah provinsi sudah membuat aturan untuk pekerja yang masuk kantor hanya 25 persen.

Dia juga sudah meminta agar pelaksanaan salat Idul Adha di tahun ini dilakukan di rumah masing-masing.

“Tak boleh salat jamaah, salat nya di rumah masing masing saat Idul Adha, terbatas dan intinya jangan ada kerumunan,” pungkasnya.(wo/mc)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,912FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles