32 C
Medan
Friday, 26 April 2024
spot_imgspot_imgspot_img

Sebut Sumut Peringkat Pertama Kasus Peredaran Narkoba se-Indonesia, Kota Medan Penyumbang Terbesar

Medancyber.com – Provinsi Sumatera Utara saat ini menduduki peringkat pertama dalam kasus peredaran Narkoba di Indonesia dengan penyumbang kasus tebesar Kota Medan. Demikian dikatakan Wali Kota Medan, Bobby Nasution, yang mengacu pada data dari Badan Narkotika Nasional (BNN).

“Sementara itu kecamatan penyumbang kasus Narkoba terbesar di Kota Medan adalah kecamatan di Medan bagian Utara,” ungkap Bobby, saat memberikan kata sambutan pada pembukaan program Pemuda Bela Negara (PBN) yang digelar di Gedung Pelindo I, akhir pekan lalu (28/1).

Selain Narkoba, jelas Bobby, tingkat kriminalitas juga tinggi di Medan bagian Utara akibat kondisi ekonominya. Dicontohkannya, jembatan di Kelurahan Belawan Sicanang yang baru selesai dibangun dan belum diresmikan, besinya sudah dua kali dicuri. Padahal jembatan itu sudah berpuluh tahun gagal dibangun.

“Ini terjadi karena faktor narkoba dan ekonomi. Oleh karenanya kami ingin menyumbang beberapa program untuk membantu mengatasi masalah tersebut. Sebab, jika Belawan lumpuh, maka Medan juga akan lumpuh, karena Belawan merupakan pusat perekonomian,” jelasnya.

Terkait itu, sebut Bobby Nasution, Rp800 miliar dari Rp7,8 triliun APBD Kota Medan difokuskan untuk Medan bagian Utara guna mendukung program fisik maupun pemberdayaan sumber daya manusianya.

“Selain pertumbuhan ekonomi, anak-anak remaja di Medan bagian Utara harus diberi pengetahuan dan pemahaman bagaimana mencintai bangsa dan negaranya. Salah satunya melalui PBN,” ungkapnya.

Melalui PBN ini, Wali Kota Medan berharap agar anak-anak dari Medan bagian Utara dapat dilatih dan dibina baik fisik, mental dan ilmu pengetahuannya sehingga mereka dapat diterima masuk militer.

“Dalam setahun sekitar 50-100 anak kita bisa dilatih agar mereka dapat diterima masuk TNI. Jika pun gagal masuk TNI, mereka tentunya akan memiliki sikap dan mental seperti TNI,” harapnya.

Baca Juga:   Pemkab Asahan Gelar Tabligh Akbar

Dalam pembukaan itu, turut hadir dalam kegiatan tersebut, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda, Dandim 0201/Medan Kol Inf Ferry Muzzawad serta Sultan Deli Sultan Mahmud Arya Lamanjiji Perkasa Alam Shah.

Menhan Prabowo Subianto pun sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan Bobby Nasution tersebut. Adanya inisiatif dari Wali Kota Medan bekerja sama dengan Kodim 0201/Medan dan Kepolisian dinilai sangat luar biasa.

“Dapat saya katakan ini adalah pemikiran yang sangat kreatif dan sangat membantu ketahanan negara,” ujar Menhan.

Dikatakan Menhan, pemuda adalah masa depan bangsa dan negara.
“Jika pemuda- pemudi kita rusak oleh perilaku kriminalitas dan narkoba, maka masa depan bangsa Indonesia juga akan suram,” pungkasnya.(js/mc)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,912FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles