27.8 C
Medan
Monday, 13 May 2024
spot_imgspot_imgspot_img

Dua Helikopter Militer Jepang Jatuh ke Laut, 1 Orang Tewas dan 7 Hilang

Medancyber.com – Dua helikopter militer Jepang diduga tabrakan sebelum jatuh ke laut saat latihan. Pejabat setempat mengatakan 1 orang tewas dan 7 lainnya hilang akibat insiden ini.

Dilansir AFP, Minggu (21/4/2024), juru bicara Pasukan Bela Diri Jepang (SDF) mengonfirmasi insiden Sabtu malam itu kepada AFP. Dia mengatakan satu orang berhasil diselamatkan tetapi kemudian dipastikan tewas.

Menteri Pertahanan Minoru Kihara mengatakan tim penyelamat “melihat apa yang diyakini sebagai bagian dari pesawat di laut, dan kami yakin kedua helikopter itu jatuh.”

“Saat ini penyebabnya belum diketahui, namun pertama-tama kami melakukan yang terbaik untuk menyelamatkan nyawa,” kata Kihara kepada wartawan.

Beberapa jam kemudian, Kihara mengatakan kepada wartawan bahwa kru helikopter yang diselamatkan dikonfirmasi tewas.

Dia juga mengatakan kementerian “menemukan perekam penerbangan di tempat yang berdekatan,” sehingga “kemungkinan besar (kedua helikopter) bertabrakan.”

Pejabat mengatakan helikopter tersebut tampaknya jatuh saat pelatihan malam hari dalam agenda untuk melawan kapal selam di lepas pantai Kepulauan Izu di Samudra Pasifik.

Kepala Staf Pasukan Bela Diri Maritim (MSDF) Ryo Sakai mengatakan “Perekam penerbangan sedang dianalisis”. Para pejabat juga telah mewawancarai awak helikopter ketiga yang ikut dalam latihan tersebut tetapi tidak terlibat dalam kecelakaan itu.

Sementara itu, NHK melaporkan komunikasi dengan satu helikopter terputus pada pukul 22.38 waktu setempat di lepas pulau Torishima, dan satu menit kemudian sinyal darurat diterima dari pesawat ini.

Sekitar 25 menit kemudian, sekitar pukul 23.04, pihak militer menyadari bahwa komunikasi dengan helikopter lain juga terputus di kawasan yang sama.

Helikopter Mitsubishi SH-60K dari MSDF sebagian besar didasarkan dan beroperasi dari kapal perusak angkatan laut.

Dalam laporan NHK itu, MSDF mengatakan karena tidak ada pesawat atau kapal lain di perairan terdekat, kecil kemungkinan keterlibatan negara lain dalam insiden tersebut.(det/js)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,912FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles