25 C
Medan
Thursday, 25 July 2024
spot_imgspot_imgspot_img

Bikers Perlu Tau, Ini Cara Rawat Rantai Roda Motor

Medancyber.com – Ada sejumlah komponen penting pada motor tipe bebek maupun sport yang harus mendapat perhatian lebih dari pengendara. Sebut saja rantai roda yang berperan untuk meneruskan daya dari hasil kinerja mesin ke roda belakang sehingga menghasilkan energi gerak pada sepeda motor.

Erwin Chandra, Senior Instruktor Technical Service PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan bahwa pengguna sepeda motor sangat perlu memperhatikan kualitas rantai roda sepeda motor kesayangannya agar kondisinya selalu prima. Perawatan ataupun pengecekan rantai roda juga disarankan rutin dilakukan setiap periode 4.000 km.

Untuk menghasilkan kinerja yang maksimal dan memberikan kenyamana saat dikendarai, maka berikut sejumlah cara yang dapat dilakukan pengendara untuk merawat rantai roda motor kesayangan.

Pertama, sebelum mengetahui cara perawatan, kenali dan pelajari dahulu bagian-bagian yang terdapat pada rantai roda. Rantai pada sepeda motor terhubung dengan drive sprocket (gear mesin) dan driven sprocket (gear pada roda). Rantai sendiri terdiri dari roller link saling terhubung yang disatukan dengan master link sebagai penyambung dua sisi rantai. Selain itu perhatikan pemilihan jenis rantai yang digunakan, terdapat perbeda ukuran rantai motor bebek dan sport. Perbedaan terdiri dari ukuran panjang rantai dan juga ukuran lebar dari roller link.

Baca Juga:  Bobby Buka Open Tournament Karate U-21 IMT-GT Cup

Kedua, jarak main bebas rantai roda dapat dikatakan hal penting dalam memastikan batas kekenduran dari rantai roda untuk mendapatkan tenaga yang optimal dari sepeda motor. Para pengguna sepeda motor dapat melihat batas jarak main bebas yang tertera para stiker yang berada cover rantai.

Dalam mengukur kekencangan rantai roda, para pengguna sepeda motor harus memastian sepeda motor berada pada posisi standar tengah dan posisi gigi netral, kemudian putar roda untuk menemukan kekenduran rantai yang paling kecil. Terakhir, gunakan penggaris mengukur tingkat kekenduran pada bagian kekenduran yang paling kecil atau di tengah-tengah antar dua sprocket. Jika kekenduran melebihi batas jarak main bebas yang terdapat pada stiker, sebaiknya dilakukan setel kekencangan atau dapat dibawa ke bengkel resmi terdekat.

Baca Juga:  Banggakan Indonesia, Pebalap Astra Honda Fadillah Arbi Debut di GP Mandalika

Ketiga, sebelum memberikan pelumas pada rantai motor, para bikers perlu melakukan pembersihan rantai dengan menggunakan cairan pembersih (detergen) dan disikat menggunakan sikat kecil, selanjutnya dapat dilakukan pengeringan dengan menggunakan kain kering pada seluruh bagian rantai. Dalam melakukan proses pembersihan, hindari menggunakan cairan pembersih yang mudah terbakar.

Mengetahui bagian-bagian dari merupakan salah satu langkah awal untuk mengetahui letak pemberian pelumas pada rantai sekaligus pengecekan kualitas rantai. Pada prisipnya rantai sepeda motor yang bekerja dengan bergesekkan dengan bagian lainnya akan mengalami keausan, sehingga butuh perawatan yang rutin. Untuk #cari_aman di jalan, merawat rantai sepeda motor merupakan salah satu hal penting hal sebagai langkah memperpanjang umur rantai dan menghindar kemungkinan lepas dari gear.

Baca Juga:  Sepekan Terakhir, Harga Daging Ayam dan Sapi Naik Tipis

Erwin Chandra menambahkan, dengan semangat Satu Hati, Honda mengajak para bikers yang dekat dengan berbagai aktivitas bersama motor Honda kesayangan untuk membekali diri dengan pengetahuan tentang cara merawat berbagai komponen motor, salah satunya rantai motor yang merupakan bagian penting yang membutuhkan perhatian dan perawatan guna mendukung #cari_aman selama berkendara.(ril/bdh)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,912FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles