30.6 C
Medan
Friday, 23 February 2024
spot_imgspot_imgspot_img

Dukung Perjuangan Palestina, Puluhan Ribu Warga Spanyol Turun ke Jalan

Medancyber.com – Satu hari setelah Mahkamah Internasional (ICJ) mengeluarkan seruan penghentian genosida pada Israel, puluhan ribu warga Madrid melakukan aksi unjuk rasa untuk Palestina pada Sabtu (27/1/2024).

Diperkirakan massa yang hadir mencapai lebih dari 20 ribu orang. Banyak di antaranya membawa spanduk dan papan bertuliskan kecaman terhadap genosida di Jalur Gaza.

“Mereka membawa bendera Palestina dan meneriakkan kata-kata untuk mengecam Israel,” ungkap laporan Al-Arabiya.

Sementara peserta demo yang lain memegang papan ucapan terima kasih kepada Afrika Selatan karena telah membawa kasus melawan Israel ke ICJ.

Afrika Selatan menuduh Israel melanggar Konvensi Genosida PBB tahun 1948, yang ditetapkan setelah Perang Dunia II dan Holocaust.

Dalam keputusannya pada Jumat (26/1) lalu, ICJ mengatakan Israel harus mencegah genosida dalam perangnya dengan Hamas dan mengizinkan bantuan masuk ke Gaza, namun tidak menyerukan diakhirinya pertempuran tersebut.

Keputusan itu dikecam oleh Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu karena dianggap keterlaluan.

Spanyol adalah salah satu negara Eropa yang paling kritis terhadap serangan Israel di Gaza. Negara ini menyambut baik keputusan ICJ untuk penghentian genosida.

Hubungan antara Israel dan Spanyol memburuk karena sikap Madrid mengenai masalah Gaza.

Israel menarik kembali diplomat utamanya di Madrid pada bulan November setelah Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez menyatakan keraguannya mengenai legalitas perang Israel di Gaza.

Namun akhirnya Dubes Israel kembali ke Madrid pada bulan Januari.(rm/js)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,912FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles