25 C
Medan
Thursday, 25 July 2024
spot_imgspot_imgspot_img

Prabowo Beri Solusi Persoalan Gaza: Palestina Harus Merdeka

Medancyber.com – Menteri Pertahanan sekaligus Presiden terpilih Indonesia, Prabowo Subianto, mengatakan solusi utama mengatasi konflik di Jalur Gaza adalah kemerdekaan Palestina.

“Pemerintah dan rakyat Indonesia mendukung penuh kemerdekaan Palestina sebagai solusi riil bagi konflik di Gaza,” kata Prabowo dalam konferensi tingkat tinggi (KTT) Call for Action: Urgent Humanitarian Response for Gaza di Amman, Yordania, Selasa (11/6).

Prabowo hadir di Yordania mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam pidatonya, ia menyampaikan terima kasih kepada Yordania, Mesir, dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) karena telah menyelenggarakan pertemuan yang membahas dukungan internasional bagi situasi kemanusiaan di Gaza.

Dalam kesempatan itu, Prabowo menyoroti negara-negara yang menganggap diri mereka modern dan beradab, tetapi melakukan pelanggaran terhadap hukum humaniter internasional dengan menargetkan warga sipil dan infrastruktur sipil. Ia lantas mendesak seluruh negara betul-betul menghormati hukum humaniter internasional.

Baca Juga:  Korban Jiwa Perang Gaza Capai 33.797

“Kami menyerukan kepada semua negara besar untuk menggunakan pengaruh besar mereka untuk menegakkan hukum internasional. Bencana kemanusiaan yang terjadi di depan mata kita harus segera diatasi,” ujarnya.

Ketua Umum Partai Gerindra tersebut juga menekankan bahwa Indonesia mendukung proposal Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, mengenai gencatan senjata segera di Gaza.

“Indonesia siap berkontribusi pada semua upaya yang dapat mengarah pada gencatan senjata segera tersebut,” ucap Prabowo.

Prabowo kemudian memaparkan empat upaya yang akan dilakukan Indonesia untuk membantu rakyat Palestina.

Pertama, Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan kontribusi kepada Lembaga Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA).

Baca Juga:  Israel Bentuk Unit Pasukan Khusus untuk Perempuan

Kedua, Indonesia siap mengirim lebih banyak tim medis dan rumah sakit lapangan ke Gaza, serta mengirim kapal rumah sakit dan berpartisipasi dalam pengiriman bantuan melalui udara (airdrop).

Ketiga, Indonesia siap menerima hingga 1.000 pasien dari Gaza untuk dirawat di RS di Indonesia dan akan memulangkan mereka setelah sembuh serta situasi di Gaza kembali normal.

Keempat, Indonesia siap menyediakan perawatan pasca trauma dan pendidikan bagi anak-anak Gaza dan akan dikembalikan saat situasi kembali stabil.

“Meskipun kami bersedia mendukung dan berkontribusi pada semua upaya ini, solusi akhir untuk masalah ini adalah solusi dua negara (two-state solution). Hanya dengan solusi dua negara, Palestina serta Israel dapat hidup berdampingan secara aman dan tenteram, masalah ini dapat diselesaikan,” pungkas Prabowo.

Baca Juga:  Tokoh Jihad Islam Meninggal di Bui Israel

Agresi Israel di Jalur Gaza hingga kini telah menewaskan lebih dari 37.100 orang Palestina. Mayoritas korban ialah anak-anak dan perempuan.(cnni/js)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,912FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles