September 30, 2022

Medan Cyber

Media Cyber Teraktual di Jagad Maya

Ini Dia Cara Jadikan Motor Kembali Prima Setelah Lebaran

Medancyber.com – Medan

Mengembalikan performa motor kesayangan kembali prima setelah menemani aktivitas selama Lebaran menjadi agenda yang penting dilakukan. Dimana pengecekan dilakukan pada komponen-komponen yang ada pada motor, terutama pada komponen yang mengalami perubahan maupun kerusakan sebelum motor digunakan untuk beraktivitas kembali. 

Erwin Chandra, Senior Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara (Sumut) mengungkapkan ada sejumlah komponen penting pada motor yang harus dipastikan kondisinya oleh si pengendara pasca Lebaran. Karena perawatan motor yang baik tidak hanya akan memberikan kenyaman saat berkendara, namun juga melindungi keselamatan dan mendukung terciptanya #Cari_aman di jalan. 

Menurut Erwin Chandra, berikut ini sejumlah komponen motor yang perlu mendapat perhatian setelah sebelumnya digunakan sebagai armada selama Lebaran. Pertama, rem menjadi komponen penting yang harus selalu dalam kondisi terbaik. Periksalah kembali kinerja rem depan dan rem  belakang, serta pastikan rem dalam kondisi baik untuk digunakan selama berkendara. Kedua, setelah motor sering digunakan, maka biasanya akan ada keausan dan kotoran pada rantai atau V-belt. Karenanya sangat disarankan untuk memeriksa, membersihkan dan menyetel kembali rantai sehingga kembali prima. 

Selain rem dan rantai, selanjutnya pemilik motor juga harus memeriksa kondisi ban. Apabila ketebalan ban sudah melewati tanda batas keausan sebaiknya dilakukan penggantian untuk menjaga kestabilan mengemudi sepeda motor. Mengganti oli mesin setelah digunakan untuk berkendara jauh adalah hal yang dapat dilakukan untuk menjaga mesin tetap prima dan mencegah terjadinya kerusakan pada komponen mesin.

Selain itu, sistem bahan bakar juga wajib diperiksa, dan wajib disetting ulang dan dibersihkan untuk efektivitas dan efisiensi sistem bahan bakar sepeda motor. Begitu juga dengan sitem kelistrikan, dimana penting untuk memeriksa lampu depan, lampu rem dan lampu sign pastikan semuanya berfungsi secara normal. 

Erwin Chandra menambahkan, untuk memastikan semuanya sesuai dengan standar pabrikan, selalu percayakan perawatan berkala sepeda motor Honda di jaringan Astra Honda Authorized Service Station (AHASS). Selain mendapat perawatan terbaik dari ahlinya, AHASS juga menyajikan berbagai tawaran melalui berbagai program menarik, memberikan kemudahan di masa pandemic melalui aplikasi aplikasi Honda Sumut dan memberikan kenyamanan dengan selalu menerapkan protokol kesehatan yang ketat sepanjang layanan service berlangsung.(bri/mc)