26.7 C
Medan
Friday, 26 April 2024
spot_imgspot_imgspot_img

RI Genjot Kerja Sama Global Demi Pemulihan Ekonomi

Medancyber.com – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Indonesia terbuka untuk bekerja sama dengan mitra global demi memastikan proses pemulihan ekonomi berjalan merata di seluruh negara G20.

“Pada Presidensi G20 kali ini, Indonesia terbuka terhadap dukungan mitra,” ujar Airlangga, Kamis (2/6/2022).

Dukungan itu, sambung Airlangga, bisa berbentuk proyek percontohan atau mercusuar dan kerja sama ekonomi, terutama di bidang transisi energi serta pengembangan skema pembiayaan ramah pasar dengan praktik terbaik internasional.

Kemudian, pendanaan untuk mengembangkan teknologi yang tersedia dan terjangkau untuk mendukung transisi dari bahan bakar fosil ke energi baru terbarukan (EBT).

Hal ini sejalan dengan tema Presidensi G20 Indonesia, yaitu recover together, recover stronger. Dengan demikian, semua anggota G20 bertanggung untuk memastikan tidak ada negara yang tertinggal.

Presidensi G20 Indonesia sendiri fokus pada tiga bidang prioritas global dan nasional, yakni memperkuat arsitektur kesehatan global, transformasi ekonomi berbasis digital, dan mempercepat transisi energi.

“Kami mendorong anggota G20 untuk bekerja sama menyeimbangkan kepentingan di seluruh keanggotaan yang beragam dan memastikan tidak ada yang tertinggal,” kata Airlangga.

Untuk percepatan transisi energi, lanjut dia, terdapat tiga prioritas di bawah G20 untuk mencapai net zero emission secara global pada pertengahan abad ini.

Tiga prioritas yang dimaksud, antara lain mengamankan aksesibilitas energi, meningkatkan teknologi cerdas dan bersih, serta memajukan pembiayaan energi.

Airlangga menambahkan sektor energi merupakan sumber dari sekitar tiga perempat emisi gas rumah kaca. Dengan demikian, kerangka kerja G20 adalah memandu transisi energi dari negara-negara ekonomi utama.(cnni/js)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,912FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles