28.9 C
Medan
Friday, 26 April 2024
spot_imgspot_imgspot_img

Tumbuhkan Minat Baca di Masyarakat, Kelurahan Teladan Barat Tebar Melek Literasi

Medancyber.com – Guna meningkatkan minat baca di masyarakat, salah satu metode yang tepat untuk dilakukan adalah read aload atau membaca nyaring. Dan berbagai manfaat akan didapatkan, baik untuk orang tua maupun terhadap tumbuh kembang anak.

Demikian dikemukakan Yenni Merdeka Sakti dari Medan Readloud dalam kegiatan Pelatihan Read Aloud bagi kader PKK di Kelurahan Teladan Barat, Kecamatan Medan Kota, Kamis (2/6/2022).

Menurut Yenni, read aload atau membaca nyaring, adalah dengan membacakan buku kepada anak dengan durasi yang singkat dan dilakukan dengan cara yang menyenangkan.

“Tujuan dari read aload ini banyak. Salah satu manfaatnya, supaya anak-anak menyenangi buku dan menyenangi membaca, sehingga proses tumbuh kembang anak menjadi optimal,” sebut Yenni.

Sementara, dalam sambutannya, Lurah Teladan Barat Juni Hardian menuturkan, dengan mengikuti kegiatan ini, kader-kader PKK Kelurahan Teladan Barat dapat menularkan minat baca kepada masyarakat.

“Kader-kader PKK ini kan ada kegiatan Posyandu, nah nanti akan kita kolaborasikan dengan program prioritas pak Wali Kota Medan. Jadi, tidak hanya pemeriksaan kesehatan saja, tetapi juga menambah ilmu pengetahuan, yakni mendorong minat baca yang ditularkan kader-kader PKK kepada masyarakat,” ujar Juni Hardian.

Lebih lanjut dia menyatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan minat baca kepada masyarakat. “Apalagi kita tahu saat ini minat baca masyarakat kita sangat rendah. Jadi diharapkan, kegiatan read aload inilah dorongan yang kita fasilitasi untuk dapat meningkatkan minat baca masyarakat, khususnya bagi masyarakat Kelurahan Teladan Barat,” ungkap Juni Hardian, sembari menyebutkan, Kelurahan Teladan Barat

Ia pun berharap, dapat menularkan kegiatan read aload ini ke seluruh kelurahan yang ada di Kota Medan.

“Nantinya kita juga akan menggelar kegiatan di Taman Teladan, untuk mengetahui sudah sejauh mana hasil yang diperoleh dari pelatihan yang kita gelar saat ini,” tutup Juni Hardian.(js/mc)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,912FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles